Basta Hitam Ancaman Bagi PC Windows 10, Segera Update Sebelum tanggal 4 Juli

Ayu Puspita Lestari . July 02, 2024

Teknologi.id - Ada pembaruan penting bagi jutaan Windows dan tenggat waktunya adalah 4 Juli, menurut Microsoft. Pembaruan ini memeprbaiki celah keamanan pada Windows yang mungkin dapat dieksploitasi oleh peretas. Hanya dua minggu yang lalu, perusahaan ini merilis sebuah patch untuk memperbaiki celah ini, tetapi para peneliti keamanan di Symantec percaya bahwa para peretas mungkin telah menciptakan cara untuk menyerang sistem yang belum ditambal.

Baca juga : Kronologi Peretasan Pusat Data Nasional: Diawali Pembobolan Windows Defender

Basta Hitam, Ancaman lain bagi Microsoft Windows

Di atas tenggat waktu pembaruan windows, ada ancaman keamanan siber lain yang harus diwaspadai. Kelompok peretas bernama Black Basta telah menargetkan bisnis di seluruh dunia. Peringkatan pemerintah baru-baru ini mengatakan bahwa BlackBasta telah menyerang lebih dari 500 organisasi di Amerika Utara Eropa dan Australia. Ini merupakan ancaman serius, jadi pastkan Anda mengambil langkah-langkah untuk melindungi bisnis Anda dari serangan siber.

Peretas Black Basta tidak hanya menargetkan instansi pemerintah. Kelompok ini menjual alat peretasan (RaaS) kepada penyerang lain. Para penyerang ini telah menyerang berbagai macam bisnis, termasuk rumah sakit, pabrik dan perusahaan-perusahaan besar seperti Hyundai dan ABB. Pastikan untuk mewaspadai email atau aktivitas yang mencurigakan pada sistem komputer Anda agar tidak menjadi korban serangan siber.

Ancaman-ancaman ini saling berkaitan karena para peneliti keamanan percaya bahwa kelompok Black Basta  mungkin telah mengeksploitasi celah keamanan di Windows sebelum ditambal! Ini adaah kabar buruk bagi Microsoft, tetapi kabar bagi Anda jika Anda mengambil tindakan :

Perbarui sistem Windows Anda sebelum tanggal 4 Juli Berhati-hatilah dengan email atau aktivitas yang mencurigakan pada komputer Anda untuk menghindari ransomware Black Basta. 

Melakukan Pembaruan Segera

Peretas  Black Basta telah menghasilkan lebih dari $100 juta dengan mengeksploitasi komputer yang tidak ditambal. Hal yang berisiko jika membiarkan sistem Windows Anda tidak ditambal 

  • Bisinis : Ikuti saran CISA dan perbarui semua sistem Windows Anda sebelum tanggal 4 juli 2024
  • Pengguna Pribadi : Meskipun masalah Windows tertentu mungkin tidak berisiko bagi Anda, tetap merupakan ide yang baik untuk memperbarui komputer Anda sesegera mungkin agar tetap terlindungi.
  • Dengan memperbarui sistem Windows Anda, Anda pat membantu menjaga diri Anda dan organisasi Anda tetap aman dari serangan siber.

Microsoft Mengimbau Pengguna Windows 10 untuk Meningkatkan ke Window 11

Masalah yang lebih besar yang mempengaruhi pengguna Windows rumahan semakin dekat, meskipun tenggat waktunya masih lama dari satu tahun lagi yaitu pada tanggal 25 Oktober 2025. Hanya beberapa hari sebelum laporan Sysmantec, Microsoft sekali lagi mendesak pengguna Window 10 untuk meningkatkan ke Windows 11. Dengan 70% pengguna masih perlu melakukan peralihan sebelum tenggat waktu akhir masa pakai tahun depan, tantangannya tampak semakin besar. Pemberitahuan Microsoft sekarang muncul di PC di seluruh dunia untuk mendorong pengguna melakukan upgrade.

Ketika Windows 10 mencapai akhir masa pakainya, itu juga berarti akhir dukungan pengguna yang tidak memutakhirkan atau memilih untuk membayar biaya tahunan yang baru dan mahal tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan.

Microsoft mendesak semua pengguna Windows 10 perusahaan dan pribadi yang bertahan untuk meng-upgrade PC mereka sebelum dukungan berakhir. Akhir dukungan untuk Windows dijadwalkan pada 10 Oktober 2025. Setelah tanggal tersebut, deskop Anda tidak akan lagi menerima dukungan teknis atau pembaruan keamanan.

Masalah dalam peringatan CISA telah ditambal, sebelum rilis bulan Juni dan mengingat sudut pandang Black Basta. Ugensinya tetap ada. Masalah yang jauh lebih besar yang berdampak pada pengguna Windows rumahan kini semakin dekat, meskipun tenggat waktu tersebut masih lebih dari setahun lagI pada 14 Oktober 2025. Hanya  beberapa hari sebelum laporan Symantec.

"Kami melihat Microsoft kembali medesak pengguna Windows 10 untuk meningkatkan ke Windows 11. Dengan 70% pengguna yang belum melakukan peralihan menjelang akhir masa pakainya tahun depan, tantangan tersebut menjadi semakin besar dan omelan Micosoft mulai mengantam PC di seluruh dunia."

Baca berita dan artikel lainnya di Google News

(ay)

Share :