Sony Akan hadirkan Layanan Barunya, Spartacus di PlayStation

Muhammad Iqbal Mawardi . March 26, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Sony dilaporkan akan mengumumkan jawabannya untuk Xbox Game Pass, layanan yang saat ini dikenal sebagai Spartacus, minggu depan, menurut Bloomberg. 

Laporan sebelumnya mengatakan bahwa Spartacus bisa menjadi kombinasi dari dua layanan berlangganan Sony saat ini, PlayStation Plus, dan PlayStation Now. 

Bloomberg mengatakan bahwa layanan tersebut akan diluncurkan dengan menampilkan game populer terbaru, tetapi mungkin tidak termasuk game tentpole God of War: Ragnarok yang akan datang.

Layanan ini diharapkan memiliki tiga tingkatan yang berbeda, yang akan menawarkan permainan yang berbeda pada titik harga yang berbeda. 

Satu tingkat diharapkan sangat mirip dengan langganan PlayStation Plus saat ini, sementara tingkat berikutnya akan menambahkan game PS4 dan PS5, serta akses ke demo yang diperluas dan kemampuan untuk melakukan streaming game melalui internet, menurut Bloomberg. 

Baca juga: GTA V Edisi PS5 dan Xbox Series Segera Diluncurkan

Laporan sebelumnya juga mengatakan bahwa tingkat tertinggi dapat mencakup perpustakaan game klasik dari sistem seperti PS2 dan PSP.

Sony saat ini memiliki dua layanan berlangganan: PlayStation Plus, yang memberikan akses ke game multipemain, beberapa diskon, dan beberapa game gratis sebulan, dan PlayStation Now, yang memungkinkan kita memainkan katalog kembali game PS4, PS3, dan PS2 tertentu baik melalui game cloud atau unduhan. 

Layanan ini tidak mendukung Game Pass Xbox, yang memungkinkan kita memainkan game Xbox dan PC utama pada hari peluncurannya, kebanyakan yang diterbitkan oleh Microsoft, bersama dengan katalog judul pihak ketiga.

Dengan Spartacus, Sony tampaknya ingin memberi pengguna layanan PlayStation yang benar-benar dapat membuat mereka bersemangat, meskipun laporan membuatnya tampak seperti akan lebih bersandar pada katalog belakang PlayStation yang besar, daripada hits baru hari ini.

Juga tidak jelas berapa biayanya. Saat ini, PlayStation Now dan PlayStation Plus masing-masing seharga $60 per tahun saat kita membeli langganan tahunan, atau gabungan $120. Itu kira-kira dengan harga yang sama dengan langganan Game Pass standar, dan sedikit lebih murah dari Game Pass Ultimate, jadi Sony memang memiliki ruang gerak dalam hal penetapan harga.

Ada juga masalah migrasi, dimana kita dapat membeli beberapa bulan, atau bahkan bertahun-tahun langganan PlayStation Plus. 

Jika layanan diganti, bagaimana Sony menangani peralihan pengguna yang tidak berlangganan bulanan? Kedengarannya seperti Spartacus akan memiliki tingkat yang cukup setara, tetapi mungkin ada perubahan harga yang harus diperhitungkan.

(MIM)

Share :