Kabar Gembira, Rockstar Bakal Rilis GTA 6 Tahun Depan!

Nova Dila Amalia Robo . October 15, 2024

GTA 6 rilis
Foto: Pubity

Teknologi.id - Rockstar Games, developer game pencipta seri ikonik Grand Theft Auto, sekali lagi menggoda penggemar dengan GTA 6. Game dengan genre aksi-petualangan ini sedang dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan.

Jika sebelumnya pada GTA 5 berlatar belakang di negara bagian fiksi San Andreas, yang berbasis di California Selatan dengan mengikuti kisah tiga kriminal yang berusaha melakukan perampokan, pada GTA 6 ini pemain akan kembali ke Vice City yang merupakan versi fiksi dari Miami dengan mencakup sebuah wilayah yang lebih luas bernama Leonida.

Dalam trailer yang disajikan oleh Rockstar, game ini menunjukkan berbagi lokasi yang menarik dengan tambahan elemen yang lebih modern seperti media sosial.

Baca Juga : Pengguna Xbox Kini Bisa Beli Game di Perangkat Android

Perusahaan induk dari Rockstar Game, Take-Two baru-baru ini mengkonfirmasi dalam laporan tahunannya bahwa saat GTA 6 saat ini sedang dalam perencanaan untuk rilis pada musim gugur tahun 2025 mendatang.

Namun, rencana Rockstar untuk merilis GTA 6 pada tahun 2025 ini baru diperuntukan bagi PlayStation5 dan Xbox Series XIS. 

Sedangkan, menurut Obbe Vermeij, salah satu mantan developer Rockstar yang menjadi Technical Director GTA3 dan GTA4, dalam postingan X nya, Obbe menyebutkan bahwa versi PC dari GTA6 baru akan akan dirilis pada tahun 2027 sehingga penggemar perlu bersabar.

Obbe mengatakan bahwa Rockstar berfokus pada kesempurnaan sehingga peluncuran GTA6 ini dikabarkan akan sama seperti GTA5 yang diluncurkan secara bertahap.

GTA5 sendiri secara bertahap hadir di PC pada tahun 2015 setelah perilisannya pada tahun 2013. Sehingga, tak dapat dipungkiri kemungkinan GTA6 di PC juga akan sama seperti GTA5.

Berdasarkan pengamatan Obbe, perililisan GTA6 yang memakan banyak waktu ini dikarenakan Rockstar terkenal dengan perfeksionis dan ambisius dalam menciptakan sebuah game yang seharusnya sangat sempurna.

Ini berarti, jika Rockstar belum benar-benar puas, maka GTA6 belum akan tampil untuk pengguna PlayStation 5 dan Xbox Series XIS. 

Dilansir dari DetikInet, Obbe menyatakan bahwa GTA6 meski akan dijual 10 tahun ke depan, tidak akan ada kompetitor yang perlu ditakutkan. Karena Rockstar tidak akan merilis game tersebut jika belum 100% puas. Apapun yang ada di dalam trailer game ini juga tidak akan berpengaruh.

Obbe juga menambahkan bahwa waktu perilisan game ini juga berkaitan dengan strategi pemasaran. Yang mana, Rockstar memperpanjang waktu perilisan selain untuk menyempurnakan game, tetapi juga untuk menguasai hati penggemar dan menjaga agar permintaan game ini tetap tinggi di pasaran.

Pendekatan perfeksionis yang dilakukan oleh Rockstar ini tentunya juga sangat berpengaruh. Sebut saja pada penjualan GTA5 yang mencapai $8,6 miliar sehingga menjadikan game ini terlaris di pasaran. 

Baca Juga : Hadir dengan Visual Grafis Super Tajam, Ini Daftar Game PS5 Pro Enhanced

Dikutip dari SindoNews, Rockstar dikabarkan telah menghabiskan dana sekitar Rp.31 Triliun sehingga tak heran jika game ini akan benar-benar dirilis jika Rockstar sudah merasa puas. 

Selain itu, Rockstar mengisyaratkan bahwa kampanye pemasaran GTA6 ini akan segera dilakukan karena saat ini Rockstar tengah memilih “Screenshot Capture Artist” yang pas untuk digunakan dalam kampanye pemasaran untuk memperlihatkan cuplikan dari game tersebut. 

Namun terdapat salah satu masalah yang mungkin akan terjadi di GTA6 adalah pada segi performanya di Xbox Series S, yang kemampuannya tidak sekencang Xbox Series X maupun PS5. Menurut penuturan Obbe, series game terbaru GTA ini idealnya harus lancar dimainkan dengan didukung perangkat di Series S dan Series X, serta PS5 dengan frame ratenya yakni 30fps. Game ini juga akan lebih mulus jika dimainkan di PS5 Pro dengan frame rate 60fps.

Dilansir dari Gamingbible, terdapat rumor dan bocoran lanjutan tetang game ini. Diperkirakan ukuran dari game ini akan berkisar sebesar 750 GB yang akan mengakomodasi 400 jam permainan. 

Meski belum ada tanggal pasti untuk game ini di rilis di pasaran, namun sudah terdapat ratusan rumor, spekulasi, dan bahkan video cuplikan permainan yang beredar di kalangan penggemar. Hal ini menunjukkan bahwa karya GTA terbaru Rockstar sangat dinanti-nantikan oleh banyak kalangan.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News.

(nda)

Share :