Perdana! Kompetisi Microsoft Excel Dunia Digelar di Indonesia, ini Cara Daftarnya

Sekar Arum Pangastuti . September 19, 2024

sumber: mewcis.posproperti.co.id


Teknologi.id – Pertama kalinya perlombaan e-sport Microsoft Excel kelas dunia, Microsoft Excel World Championship (MEWC) 2024 digelar di Indonesia. Kejuaraan ini akan diselenggarakan pada 13 Oktober mendatang di Point Arena Jakarta. Ajang bergengsi ini merupakan kolaborasi dari PT Post Properti Indonesia dan Financial Modelling World Cup.

Tak seperti pertandingan e-sport pada umumnya di mana para peserta akan diminta untuk beradu skill dan strategi dalam bermain game, para peserta MEWC 2024 akan diminta untuk memecahkan masalah menggunakan Microsoft Excel. Tantangan dari kejuaraan ini tidak berhenti pada fungsi dasar Microsoft Excel, melainkan di berbagai aspek seperti data analisis, problem solving, financial modelling, dsb.

Baca Juga: 15 Tips dan Trik Microsoft Excel untuk Memudahkan Pekerjaanmu

Karena kejuaraan ini sifatnya unik, MEWC 2024 berhasil menarik perhatian publik. Total penonton MEWC 2024 bisa mencapai 800 ribu orang. Hak siaran acara ini akan dipegang oleh YouTube dan ESPN).

MEWC 2024 akan diadakan dalam tiga kategori yaitu Rookie, Profesional, dan BUMN. Kategori Rookie terbuka untuk mahasiswa di semua bidang studi dalam level pendidikan D3, S1, S2, dan S3. Mahasiswa yang berkenan untuk mengikuti kejuaraan MEWC 2024 harus melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Kategori Profesional terbuka bagi masyarakat umum khususnya orang-orang yang menggunakan Microsoft Excel dalam kesehariannya. Masyarakat yang ingin mendaftar di kategori profesional harus melampirkan KTP. Sedangkan Kategori BUMN ditujukan untuk perwakilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ajang MEWC 2024 yang diadakan di Indonesia pada Oktober mendatang merupakan ajang kualifikasi untuk MEWC Finals yang akan diselenggarakan di Las Vegas.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Data #VALUE! Error dalam Microsoft Excel

Pemenang nantinya akan mendapatkan trofi Microsoft Excel World Championship, sertifikat, total hadiah sebesar Rp 15 juta, dan menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang MEWC 2024 Finals di Las Vegas.  Perwakilan Indonesia akan bertanding melawan peserta dari seluruh dunia dan berkesempatan menjadi juara dunia MEWC 2024. Hadiah utama MEWC 2024 Finals Las Vegas sebesar 5000 USD (sekitar Rp 76,6 juta).

Bagi siapapun yang tertarik untuk berpartisipasi di MEWC 2024 bisa mendaftarkan diri di laman mewcis.posproperti.co.id. Untuk mendaftar dalam kompetisi, peserta diperkenankan untuk membayar biaya pendaftaran Rookie (Rp 80 ribu), Profesional (Rp 160 ribu), BUMN (Rp 5 juta). Berikut ini rincian timeline MEWC 2024:

·         Registrasi: Agustus – 4 Oktober 2024

·         Kualifikasi: 5 Oktober 2024 (online)

·         Final: 13 Oktober 2024 (Point Arena Jakarta)

·         MEWC 2024 Finals: 20 Desember 2024 (Las Vegas)

Ajang MEWC 2024 akan menjadi kesempatan emas untuk membuktikan keahlian di bidang Microsoft Excel. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di mewcis.posproperti.co.id.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(sap)

Share :