Resmi Dirilis! TWS Xiaomi Buds 5, Ukuran Mini tapi Suara Besar

Afanin Hazimah . September 27, 2024

Xiaomi Buds 5

Foto: Xiaomi Indonesia 

Teknologi.id - Xiaomi resmi meluncurkan produk terbaru untuk aksesoris audio true wireless stereo (TWS), yiatu Xiaomi Buds 5. Produk ini sebelumnya hanya dapat ditemukan di pasar China, kemudian resmi dirilis secara global di Berlin, Jerman pada Kamis (26/9/2024).

Xiaomi Buds 5 tampil dengan fitur unggulan yang lebih canggih dan desain yang lebih mini. TWS ini memiliki fitur peredam kebisingan aktif (active noise cancellation/ANC)  hingga 46 dB, setara dengan kebisingan di dalam kabin pesawat dan kereta. Fitur peredam bising ini menggunakan bantuan teknologi buatan atau artificial intelligence. Terdapat tiga mode peredam bising yang dihadirkan, yaitu peredam bising maksimal (cocok digunakan di pesawat dan kereta), peredam bising seimbang (cocok digunakan saat santai seperti di jalanan dan di gym), peredam bising minimal (cocok digunakan di dalam gedung atau ruang tertutup, seperti di perpustakaan dan kantor). Dibandingkan model terdahulu, kemampuan meredam suara dari Buds 5 unggul hingga 33 persen.

Dengan bantuan teknologi AI, suara yang dihasilkan earbuds baru Xiaomi adalah suara bass yang cocok digunakan untuk mendengarkan musik dengan kualitas suara yang mantap. Suara yang dikeluarkan earbuds ini terdengar nyaman dan tidak terlalu nyaring karena berada pada jangkauan frekuensi sekitar 16 Hz hingga 40 KHz .

Baca juga Xiaomi Hadirkan Mi True Wireless Earbuds Basic S dengan Harga Terjangkau, Gimana Spesifikasinya?

Foto: Xiaomi Indonesi

Fitur peredam kebisingan ini juga bersanding dengan mode transparansi yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Mode transparansi ini memungkinkan pengguna untuk bisa tetap mendengar suara dan keadaan sekitar saat mendengarkan musik. Ada 3 mode transparansi yang dibekali pada earbuds terbaru Xiaomi ini, yaitu mode reguler, mode peningkatan suaran, dan mode peningkatan suara sekitar. 

Pengguna juga diberikan pengalaman telepon yang lebih memuaskan dengan menggunakan mikrofon berbasis AI. Terdapat 2 mikrofon berbasis AI yang juga dilengkapi dengan peredam kebisingan untuk mendapatkan percakapan telepon yang lebih jernih. Mikrofon ini akan bekerja sama secara efektif dalam menghasilkan suara percakapan seolah saling berhadapan secara langsung. 

Peningkatan lainnya dari sektor audio juga tampak dari penggunaan driver 12.4 mm dengan diafragma titanium-coated. Driver ultra besar ini memiliki getaran yang lebih besar dengan irama dentuman yang lebih mendalam. Dengan fitur ini pengguna seolah mendengarkan musik secara live. Audio dari Xiaomi Buds 5 semakin dilengkapi dengan 4 pengaturan EQ untuk menyeimbangkan dan menyesuaikan audio sesuai yang diinginkan, yaitu pengaturan audio standar, audio dengan peningkatan suara, audio dengan peningkatan treble, dan audio dengan peningkatan bass. 

Foto: Xiaomi Indonesia

Kenyamanan pengguna tidak hanya berasal dari fitur canggih yang disajikan, pengguna juga dimanjakan dengan desain earbuds klasik. Bodi earbuds model batang, minimalis, lebih modern, dan desain yang telah diproyeksikan berdasarkan ribuan model data saluran telinga sehingga dapat lebih cocok dan nyaman bagi pengguna.

Para pengguna tidak perlu khawatir untuk daya pakai baterai. Xiaomi Buds 5 memiliki daya tahan bateran hingga 10 jam sehingga pengguna dapat mendengarkan musik tanpa henti dan tanpa pengisi daya. Adapun jika earbuds ini digunakan untuk mendengarkan musik bersamaan dengan dudukan pengisi daya, daya tahan baterai akan lebih lama, yaitu hingga 40 jam. Pengguna juga tidak mesti menunggu lama saat pengisian daya, hanya dengan pengisian daya selama 5 menit, kamu bisa mendengarkan musik hingga 2 jam. 

Ketahanan baterai yang lebih lama ini membuat TWS terbaru dari Xiaomi cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu, Xiaomi Buds 5 juga memiliki charging case dengan desain persegi dan sudut membulat di empat sisinya. Hal ini membut Xiaomi Buds 5 mudah disimpan di mana saja, bisa di kantong celana atau baju, bisa juga di dalam tas kecil. 

Xiomi Buds 5 ini dirilis dan dipasarkan dengan harga US$27 atau dalam rupiah senilai 400 ribuan saja. Dengan fitur-fitur yang lebih canggih dan hype untuk kelas earbuds, serta desain yang portable, TWS ini cukup worth untuk dimiliki. Sayangnya, perilisan Xiaomi Buds 5 ini baru hanya secara global, yaitu di Berlin, Jerman, dan belum diketahui secara pasti kapan diluncurkan di Indonesia. 

Baca juga artikel lainnya di Google News.

(ah)

Share :