Logo Meta Buatan Facebook Ternyata Plagiasi M-Sense?

Fabian Pratama Kusumah . October 31, 2021

Foto: AS English

Teknologi.id - Facebook Inc akhirnya  resmi mengganti namanya. Induk perusahaan yang selama ini menaungi Facebook, WhatsApp, Instagram, dkk itu resmi berganti nama menjadi "Meta".

Perubahan nama Facebook Inc ini diumumkan langsung oleh pendiri sekaligus CEO perusahaan, Mark Zuckerberg, dalam konferensi tahunan Connect yang digelar pada Kamis (28/10/2021).

Meta sendiri diambil dari bahasa Yunani yang artinya 'beyond' atau melampaui, nama ini juga merujuk pada Metaverse, sebuah dunia maya baru yang lebih canggih dari internet saat ini.

"(Facebook) adalah merek ikonik media sosial, tetapi menjadi semakin tidak mewakili semua yang kami lakukan," kata Mark.

Rebranding tersebut diharapkan bisa memperkuat posisi raksasa media sosial tersebut di dunia baru Metaverse, yang dipandang Zuckerberg sebagai masa depan internet.

Untuk diketahui, perubahan nama ini tidak berlaku dan tidak mempengaruhi nama produk media sosial yang ada di bawah Meta.

Nama Facebook masih akan tetap digunakan untuk jejaring sosial buatannya begitu juga dengan Instagram dan WhatsApp.

Selain mengubah nama, Facebook juga mengganti logo perusahaan yang awalnya gambar 'likes' atau 'jempol ke atas' menjadi 'The Blue Infinity' untuk Meta yang saat ini belum dimunculkan secara resmi.

Foto: Twitter M-Sense

Baca juga: Perubahan Facebook ke Meta Bakal Ramaikan NFT dan Kripto?

Menariknya, ternyata logo Meta tersebut cukup mirip dengan perusahaan yang berfokus pada kesehatan digital di Jerman yaitu M-Sense Migraine.

Perbedannya yang nampak terlihat hanya di warnanya saja. Logo Meta berwarna biru sedangkan M-Sense Migraine berwarna hijau.

Bahkan Twitter resmi M-Sense Migraine sempat mencuitkan di Twitter terkait logo Meta yang mirip tersebut.

Kami sangat merasa terhormat @facebook merasa terinspirasi oleh logo aplikasi kami,  mungkin mereka juga akan terinspirasi oleh prosedur privasi data kami, cuit akun tersebut.

Hal ini juga ramai diperbincangkan oleh netizen, di berbagai platform seperti Twitter, Reddit, hingga LinkedIn.

Sampai saat ini pihak Facebook belum menanggapi atau memberi pernyataan terkait hal ini. Menurut kalian apakah logo tersebut mirip atau berbeda?

(fpk)

Share :