Foto: AS English
Teknologi.id - Facebook Inc akhirnya resmi mengganti namanya. Induk perusahaan
yang selama ini menaungi Facebook, WhatsApp, Instagram, dkk itu resmi berganti
nama menjadi "Meta".
Perubahan nama Facebook Inc ini
diumumkan langsung oleh pendiri sekaligus CEO perusahaan, Mark Zuckerberg,
dalam konferensi tahunan Connect yang digelar pada Kamis (28/10/2021).
Meta sendiri diambil dari bahasa Yunani yang artinya 'beyond' atau
melampaui, nama ini juga merujuk pada Metaverse, sebuah dunia maya baru yang
lebih canggih dari internet saat ini.
"(Facebook) adalah merek
ikonik media sosial, tetapi menjadi semakin tidak mewakili semua yang kami
lakukan," kata Mark.
Rebranding tersebut
diharapkan bisa memperkuat posisi raksasa media sosial tersebut di dunia baru
Metaverse, yang dipandang Zuckerberg sebagai masa depan internet.
Untuk diketahui, perubahan nama
ini tidak berlaku dan tidak mempengaruhi nama produk media sosial yang ada di
bawah Meta.
Nama Facebook masih akan tetap
digunakan untuk jejaring sosial buatannya begitu juga dengan Instagram dan
WhatsApp.
Selain mengubah nama, Facebook juga mengganti logo perusahaan yang awalnya gambar 'likes' atau 'jempol ke atas' menjadi 'The Blue Infinity' untuk Meta yang saat ini belum dimunculkan secara resmi.
Foto: Twitter M-Sense
Baca juga: Perubahan Facebook ke Meta Bakal Ramaikan NFT dan Kripto?
Menariknya, ternyata logo Meta tersebut cukup mirip dengan perusahaan yang berfokus pada kesehatan digital di Jerman yaitu M-Sense Migraine.
Perbedannya yang nampak terlihat hanya di warnanya saja. Logo Meta berwarna
biru sedangkan M-Sense Migraine berwarna hijau.
Bahkan Twitter resmi M-Sense Migraine
sempat mencuitkan di Twitter terkait logo Meta yang mirip tersebut.
We are very honoured that @facebook felt inspired by the logo of our migraine app - maybe they’ll get inspired by our data privacy procedures as well 👀 🤓
— M-sense Migräne (@msense_app) October 29, 2021
#dataprivacy #meta #facebook pic.twitter.com/QY7cota36r
Kami sangat merasa terhormat @facebook merasa terinspirasi oleh logo
aplikasi kami, mungkin mereka juga akan
terinspirasi oleh prosedur privasi data kami, cuit akun tersebut.
Hal ini juga ramai diperbincangkan
oleh netizen, di berbagai platform seperti Twitter, Reddit, hingga LinkedIn.
Sampai saat ini pihak Facebook
belum menanggapi atau memberi pernyataan terkait hal ini. Menurut kalian apakah
logo tersebut mirip atau berbeda?
(fpk)
Tinggalkan Komentar