Foto : Blog Ekonomi
Peran Penting Content Creator di Era Digitalisasi, Dunia Industri Kreatif
Content creator merupakan salah satu profesi yang berperan menciptakan konten berupa informasi melalui berbagai kanal media apa pun, terutama media digital untuk pengguna dalam konteks tertentu.
Sementara itu konten secara bahasa bisa diartikan sebagai sesuatu yang diekspresikan melalui media. Entah itu berupa tulisan, video, pidato, dan sebagainya untuk tujuan mengekspresikan diri, pemasaran, hingga publikasi.
Profesi content creator sendiri semakin mencuat akhir-akhir ini. Tentu hal tersebut disebabkan kanal digital yang semakin mudah diakses.
[Baca Juga: Founder & Money: Richo dan Iman Syafei Bicara Tentang Content Creator]
Sehingga memunculkan perspektif bisnis yang baru dan lebih menjanjikan. Keberadaan content creator saat ini bisa dikatakan sangat penting dan dibutuhkan.
Karena kini banyak sekali aspek membutuhkan peran seorang creator dalam mendukung mobilitasnya. Terutama dalam segi marketing, advertising, publikasi, hiburan, dan masih banyak lagi.
Sebab, media digital menjadi salah satu fasilitas yang tepat dalam melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Sebut saja website, YouTube, Instagram, TikTok, e-mail, dan masih banyak kanal-kanal digital lainnya.
Setidaknya ada beberapa peran yang sangat penting dari seorang content creator, antara lain:
#1 Membuat Konten-konten Yang Menarik
Sebagai content creator, peran utama mereka adalah membuat sebuah konten se-menarik mungkin. Namun tidak lupa untuk memperhatikan estetika dan kualitasnya.
Ada banyak sekali aspek pendukung yang juga perlu diperhatikan antara lain target audien, SEO, advertising, dan masih banyak lagi. Cukup banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam memproduksi konten.
#2 Membangun Konsistensi Branding
Selain memproduksi sebuah konten yang menarik, content creator juga bertugas untuk mempertahankan konsistensi branding.
Nah ada beberapa aspek yang mendukung upaya yang satu ini, seperti font, warna, hingga tone yang sesuai dengan brand image dari suatu bisnis.
#3 Mengelola dan Membuat Strategi Konten
Tentunya jika suatu perusahaan, bahkan pelaku industri hiburan ingin membangun branding secara konsisten, maka dibutuhkan perencanaan dan strategi yang matang. Seperti menentukan target pasarnya dan masih banyak lagi.
Jika strategi telah ditentukan, maka selanjutnya disesuaikan dengan konten yang akan dibuat. Di sinilah peran seorang content creator sangat dibutuhkan.
#4 Membuat Konten Yang Mudah Ditemukan
Publikasi konten sangat penting supaya dapat menjangkau banyak orang. Nah dalam kanal internet ada banyak sekali tools-tools yang bisa dimaksimalkan dalam publikasi konten salah satunya adalah search engine optimization (SEO).
Content creator memiliki peran utama dalam melakukan pengoptimalan SEO sehingga konten dapat lebih mudah ditemukan dalam mesin pencarian.
Sukses Menjadi Content Creator Ala Patrick Effendy Dari sekian banyak orang yang berkecimpung dalam industri kreatif, ada salah satu yang kini telah sukses, ia adalah Patrick Effendy.
Patrick Effendy sendiri sudah menekuni dunia kreatif sejak lama, dan salah satunya adalah produser boy band Cowboy Junior yang sempat sukses beberapa tahun lalu.
Kemudian Patrick Effendy mengembangkan bisnisnya dengan mendirikan sebuah perusahaan. Bergerak di bidang kreatif yakni PH, Animasi, VR, hingga membentuk training center sebagai fasilitator pelatihan dalam membuat konten kreatif.
Ia pun menjadi salah satu pendiri Majelis Lucu Indonesia (MLI). Berawal dari profesinya sebagai freelance sutradara, Patrick Effendy tidak berhenti untuk terus mengembangkan diri. Dan pada akhirnya, Patrick Effendy mempelajari mengenai Intellectual Property atau disingkat IP.
[Baca Juga: Kiat UMKM Bertahan di Tengah Pandemi dan Industri 4.0]
Intellectual Property sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk karya cipta berupa seni, desain, dan berbagai keperluan komersial lainnya. Dari IP inilah seorang content creator bisa terus mengembangkan karya-karyanya. Termasuk Patrick Effendy, setelah mempelajari ini, ia mengembangkan karyanya.
Bahkan bukan hanya jasa pembuatan konten saja, melainkan dapat membuat serta memiliki karya tersebut. Sudah banyak sekali hasil karya kontennya yang muncul di berbagai media seperti TV Program, konten YouTube, dan masih banyak lagi.
Tak ketinggalan, Patrick Effendy juga sedikit memaparkan tips-tipsnya untuk bisa sukses berkarier sebagai content creator di industri kreatif. Dan berikut ini adalah beberapa di antaranya.
#1 Patrick Effendy Say, Mulai Saja Terlebih Dahulu Menggeluti pekerjaan atau bisnis di bidang kreatif bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk kamu yang mungkin saja baru memulai atau baru akan memulainya. Mengingat banyaknya para pelaku pekerja kreatif yang sudah sukses dan memiliki kredibilitas yang tinggi.
[Baca Juga: Pengertian, Ciri-ciri dan Macam Sektor Ekonomi Kreatif]
Namun tips dari Patrick adalah jangan takut, melainkan kamu harus memulainya saja terlebih dahulu. “Content Is The King! Semua orang akan membutuhkan seorang content creator sampai kapan pun.” Itulah kata-kata yang ditekankan oleh seorang Patrick Effendy.
Karena di era digital seperti saat ini konten-konten yang kreatif dan segar sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik itu dalam segi entertain maupun dalam segi bisnis.
#2 Patrick Effendy Say, Mengikuti Pasar Dan Membuat Pasar Karya-karya yang dibuat bisa kamu sesuaikan dengan keinginan pasar. Namun yang menarik dari seorang Patrick, ia mencoba untuk membuat pasar itu sendiri.
Caranya, adalah ia menghimpun pasar tersebut dengan solid supaya brand atau karya yang telah dibuat dapat menumbuhkan kesan yang positif di tengah masyarakat. Patrick Effendy sudah membuktikannya bersama Cowboy Junior dan MLI.
#3 Patrick Effendy, Membuat Kontroversi Membuat suatu karya yang kontroversi adalah salah satu hal yang boleh saja dilakukan. Akan tetapi Patrick menambahkan bahwa untuk melakukan hal tersebut, harus tetap seimbang.
Sehingga konten kontroversi hanya dijadikan sebagai penarik perhatian publik. Nah untuk selanjutnya, berikan suguhan konten-konten yang berkualitas untuk bisa dinikmati oleh banyak orang.
#4 Patrick Effendy Say, Hadapi Pasang Surut Industri Kreatif Jika berhubungan dengan industri dan karya kreatif, tentu akan mengalami pasang surut. Ada kalanya karya kita disenangi oleh pasar, atau mungkin ada saatnya justru ditinggalkan.
Menyikapi hal ini Patrick Effendy memiliki tips untuk menyikapinya. Yakni teruslah berkarya namun perhatikan relevansinya dengan pasar. Pertimbangkan konten seperti apakah yang digemari oleh publik atau hal lainnya, sehingga riset dan data menjadi penting dalam menentukan strategi.
Namun yang tak kalah pentingnya juga, sesuaikan dengan passion kalian sebagai content creator. Sukses Bidang Industri Kreatif, Harus Sukses Pula Dalam Segi Keuangan Menjadi content creator yang sukses adalah sebuah goals yang sangat luar biasa.
Karena bukan hanya income yang akan kita dapatkan, namun karya yang diakui menjadi sebuah pencapaian dan kebanggaan tersendiri bagi semua pekerja kreatif. Sangat spesial apabila hal yang telah kita kreasikan dapat menghibur, mengedukasi, serta berpengaruh positif bagi banyak orang.
Akan tetapi sukses menjadi content creator bukan berarti kamu malah melupakan aspek finansial. Karena kini kreativitasmu bisa juga lho digunakan dalam pengelolaan keuangan. Aplikasi Finansialku merupakan fasilitas yang tepat untuk kamu mengelola dan merencanakan keuangan dengan baik dan pastinya dengan cara yang seru dan berbeda.
[Baca Juga: Founder & Money: Pemaparan dari CEO Tram Digital Solution, Erwin Panigoro]
Perencanaan dan pengelolaan keuangan menggunakan smartphone yang kamu genggam tanpa harus menuliskannya di buku catatan atau bingung dengan perumusan Excel yang memusingkan.
Kamu bisa dengan leluasa melakukan perencanaan keuangan, membuat anggaran, mengetahui tips-tips investasi, mengecek kondisi keuangan, melakukan konsultasi keuangan, dan masih banyak lagi.
Kamu bisa memaksimalkan banyak sekali fitur yang tersedia, seperti fitur anggaran, catatan keuangan, financial check-up, investasi, hingga banyak sekali informasi melalui artikel yang tersedia.