Foto : Ketapel
Teknologi.id - Membangun profil diri yang menarik dapat memiliki banyak manfaat bagi kita. Profil yang menarik tentu akan lebih mendapat perhatian dibanding yang biasa-biasa saja.
Dalam dunia pencarian kerja, kita dituntut untuk membangun profil diri sebaik mungkin supaya para recruiters tertarik untuk merekrut kita agar bekerja di perusahaanya.
Dalam hal ini, LinkedIn sebagai media sosial yang menjembatani kita dengan para recruiters perlu dipoles dan dimaksimalkan supaya profil kita dilirik oleh mereka. Berikut terdapat berbagai cara untuk memaksimalkan akun LinkedIn yang kita miliki supaya dilirik oleh Recruiters.
1. Pasang Foto Profil Menarik
Foto : Rukita
Gunakan foto yang menarik untuk di pasang di akun LinkedIn. Foto dengan berpakaian rapi dan gaya menghadap ke depan merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan foto profil.
Jangan gunakan foto lama apalagi foto dengan jangka waktu 5 atau 10 tahun yang lalu, gunakanlah foto terkini yang kalian miliki. Usahakan untuk memasang foto dengan kualitas yang jelas dengan ekspresi senatural mungkin agar terlihat lebih profesional.
Baca Juga: Petpuls, Kalung Pintar Penganalisis Emosi Anjing Peliharaan
2. Memperbanyak Koneksi
Foto : The Profile Company
Fitur koneksi di LinkedIn memungkinkan kita untuk menambahkan orang-orang yang memiliki ketertarikan ataupun bekerja di bidang yang sama.
Dengan memperluas koneksi kita dapat berhubungan dengan seluruh orang-orang profesional lainnya di dunia untuk sekedar terhubung atau bahkan belajar dan menjadikan mereka mentor bagi kita.
Perlu diingat bahwa koneksi yang luas merupakan salah satu hal positif yang berpengaruh terhadap kesukeskan kita. Maka dari itu, sangat penting bagi kalian untuk menggunakan LinkedIn sebagai sarana memperluas koneksi.
3. Perbaiki Headline
Foto : Cultivated Culture
Membuat headline profil yang efektif merupakan satu hal penting dalam memaksimalkan akun LinkedIn kalian. Headline berfungsi untuk menunjukan siapa diri kalian kepada para recruiters.
Isilah headline dengan keahlian utama atau profesi kalian sekaligus kegiatan yang dilakukan dengan sebenar-benarnya tanpa dilebih-lebihkan. Untuk menarik recruiters kalian bisa menambahkan headline yang menarik, contohnya seperti "Copy Writer Berpengalaman 10 Tahun".
4. Mengambil Skill Assesment
Foto : Computing UK
Fitur Skill Assesment ini berguna untuk menguji skill atau keterampilan pelamar. Terdapat 75 bidang skill yang diujikan dalam fitur ini.
Kalian bisa memilih sendiri sesuai dengan bidang yang digeluti. Untuk dapat lolos dari tes ini, kita perlu memenuhi setidanya 70% dari tes yang ada. Skill Assesment ini penting untuk kalian ikuti supaya bisa menjadi pertimbangan recruiters ketika melihat profil kalian.
Baca Juga : 5 Perusahaan Teknologi Indonesia yang Sukses di Tahun 2020
(dba)