5 Cara Untung Menentukan Harga Produk Digital

Yasmin Kamila . April 06, 2021

Foto: iStock

Teknologi.id - Di era sekarang ini sangat banyak owner bisnis yang menjual produk digital sebagai produknya. Apa sih produk digital itu?

Produk digital adalah produk nonfisik yang tidak bisa disebut sebagai jasa, biasanya cara penerimaan produk adalah dengan download atau akses pada situs tertentu.

Produk digital ada berbagai macam jenisnya, diantaranya ada ebook, online course, plugin, webinar, akses artikel dan lain-lain. Produk digital banyak juga peminatnya karena pembelian yang praktis dan penerimaan yang cenderung lebih cepat daripada membeli produk fisik (kurang dari 24 jam).

Selain itu pembeli produk digital biasanya adalah orang dengan kisaran umur 15-38 tahun. Dengan pasar yang sangat luas tentu saja pebisnis banyak yang tertarik untuk mulai menjual produk digital. Selain itu cost yang dibutuhkan untuk sebuah produk digital relatif lebih murah dibandingkan produk fisik.

Dalam sebuah produk digital biasanya pembeli akan fokus pada value apa yang akan mereka dapatkan, tergantung dari seberapa berkualitas produk digital tersebut, seberapa banyak fasilitas yang mereka dapatkan dan kemudahan apa yang akan diterima, bahkan tidak jarang value produk digital juga melekat kepada owner bisnis.

Baca juga: Tips Ampuh Mengatasi Produk yang Tidak Laku!

Tentu saja dengan banyaknya pandangan pembeli terhadap value produk digital ditambah dengan banyaknya pesaing yang menjual produk yang hampir sama, menentukan harga untuk sebuah produk digital akan sedikit lebih rumit. Jika dalam sebuah produk fisik, tentu saja kualitas dari bahan akan menjadi cost dan setelah itu margin antara cost dan harga jual adalah keuntungan.

Dalam produk digital, cost yang relatif kecil akan menjadi kekuatan, tetapi dengan value yang tidak sebanding dengan harga, tentu saja tidak akan memikat pembeli. Banyak pebisnis yang menjual produk digital dan berakhir rugi karena boncos di pengeluaran iklan karena tidak tau bagaimana cara memberi harga untuk sebuah produk digital yang mereka jual. Untuk menghindari kejadian tersebut, berikut 5 cara untung menentukan harga produk digital :

1. Hitung margin antara modal awal dan pendapatan

Karena biaya produksi yang relatif lebih murah, bukan berarti biaya produksi tidak diperhitungkan. Hitung dengan saksama setelah itu juga tambahkan cost lainnya misal kost karyawan atau cost untuk iklan. Setelah mendapat beberapa pembeli, hitung kembali margin antara modal awal dan pendapatan setelah memasang campaign untuk iklan dengan jangka waktu.

2. Menentukan pasar yang tepat untuk produk digital

Tidak hanya produk barang fisik dan jasa saja yang memiliki mangsa pasar, produk digital juga sama, walaupun pembeli produk digital berkisar umur 15-38 tahun, tetapi tidak semua orang menyukai hal yang sama, tentunya hal tersebut bisa dikelompokkan berdasarkan hobi atau profesi.

3. Membuat cerita dibalik sebuah harga

Dalam sebuah value yang diberikan pada produk digital, ceritakanlah mengapa produk digital tersebut layak untuk dimiliki. Pembeli tidak cukup mengerti apa yang akan didapatkan saat membeli produk tersebut, jadi ceritakanlah secara detail mengenai value apa saja yang akan didapatkan dengan harga yang ditawarkan.

4. Membuat branding yang baik

Misalkan penjual produk digital adalah seorang artis atau content creator tentu saja hal tersebut akan membuat produk semakinn dipercaya. Salah satu branding strategy bisa menggunnakan nama owner bisnis, tetapi tidak jarang produk digital melakukan branding dengan value atau kualitas yang diberikan atau melalui testimoni dari pembeli.

5. Berikan tambahan value dengan bonus atau bundle

Teknik bonus dan paket hemat adalah cara yang bekerja di semua produk, baik produk fisik, jasa ataupun produk digital. Bonus yang diberikan sebaiknya yang dapat menunjang produk digital yang dijual atau yang kemungkinan besar akan sangat disukai dan bermanfaat untuk pembeli.

Dengan menentukan harga produk digital dengan baik dan benar akan membantu pemilik bisnis untuk mendapatkan pembeli dan keuntungan lebih mudah. Dengan yang diberikan, diharapkan pembeli menganggap harga yang diberikan sepadan denga napa yang didapatkan. Meningkatnya rasa kepuasan pembeli tentunya akan baik untuk bisnis produk digital sehingga akan meningkatkan profit jangka Panjang. Selain itu jangan lupa juga untuk selalu minta testimoni, kritik, dan saran untuk selalu memberikan yang terbaik.

(yk)

Share :