Pengguna Instagram Indonesia Jadi Urutan ke-4 di Dunia, Simak 4 Ide Bisnis Potensial!

Instagram. Foto: Unsplash.com/Souvik Banerjee


Teknologi.id - Pada Januari 2023, diperkirakan ada sebanyak 1,32 miliar pengguna Instagram di seluruh dunia, berdasarkan laporan We Are Social dari jumlah tersebut, tercatat bahwa 89,15 juta pengguna berasal dari Indonesia. Peningkatan pada jumlah pengguna Instagram di Indonesia sendiri tentunya karena faktor populasi penduduk terbanyak di dunia berada pada urutan keempat di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. Hal ini bisa kalian manfaatkan dengan mengembangkan ide bisnis melalui platform Instagram.

Pesatnya teknologi informasi yang terus berkembang, membuat semakin banyak orang memiliki akses pada ponsel serta internet, sehingga pertumbuhan pengguna Instagram di Indonesia semakin banyak. Selain itu, Instagram sendiri juga cukup mudah digunakan dengan menawarkan beberapa fitur khusus yang membuat pengalaman menjadi lebih menyenangkan, seperti stiker, streaming real-time, musik, stories, reels, dan banyak lagi.

Hasil Survei 8 Negara dengan Pengguna Instagram di Dunia. Foto: Data Indonesia


Kembali ke hasil survei tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa jumlah tersebut lebih rendah 10,8% dibandingkan dengan periode setahun sebelumnya. Apabila dikategorikan berdasarkan negara, maka peringkat pertama ditempati oleh 229,55 juta pengguna dari India. Disusul di posisi kedua oleh 143,35 juta pengguna dari Amerika Serikat. Di tempat ketiga dengan 113,5 juta pengguna media sosial dari Brasil. Di urutan kelima dengan 48,65 juta pengguna berasal dari Turki. Di urutan keenam, sebanyak 45,7 juta pengguna berasal dari Jepang. Sementara itu, di peringkat ketujuh dan kedelapan masing-masing sebanyak 36,7 juta dan 28,76 juta pengguna berasal dari Meksiko dan Inggris.

Baca Juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain

Selain itu, pada laporan data Digital 2023:Indonesia bahwa angka yang dipublikasikan pada alat periklanan Meta menunjukkan 51,6% audiens adalah perempuan, sementara 48,4% adalah laki-laki di Indonesia. Perlu diketahui, bahwa jangkauan iklan Instagram di Indonesia pada awal tahun 2023 setara dengan 41,9% dari basis pengguna internet lokal (tanpa memandang usia). Namun, Instagram membatasi penggunaan platformnya hanya untuk orang berusia 13 tahun ke atas, sehingga sangat membantu untuk mengetahui bahwa 41,2 persen audiens yang "memenuhi syarat" di Indonesia menggunakan Instagram pada tahun 2023.

Instagram merupakan platform media sosial yang dirancang untuk berbagi foto dan video dari pengguna ke pengguna lain. Sejak diluncurkan pada bulan Oktober 2010 secara eksklusif di iPhone, Instagram telah mendapatkan 25.000 pengguna per hari, dan dalam tiga belas tahun berikutnya, jumlah tersebut melebihi satu miliar. Perkembangan yang terjadi dan mendapatkan banyak perhatian, aplikasi ini kemudian diluncurkan di Android pada bulan April 2012 dan telah diunduh lebih dari satu juta kali dalam waktu kurang dari satu hari.

4 (Empat) Peluang Ide Bisnis Potensial melalui Instagram


Instagram Shopping. Foto: Instagram


Setelah melihat data-data tersebut, Teknologi.id telah merangkum 4 (empat) ide bisnis yang berpotensi untuk dilakukan melalui platform Instagram, dengan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan mengingat banyaknya populasi pengguna Instagram di Indonesia. Berikut ini adalah 4 (empat) ide bisnis yang bisa dilakukan.

  • Influencer dan Product Reviewer

Bagi kalian yang memiliki pengetahuan dan keahlian tertentu dan senang menuangkannya dalam tulisan ataupun public speaking kepada banyak orang yang ingin memberikan dampak pengaruh kepada perilaku orang lain secara persuasif, tentu hal ini menjadi cocok jika ingin menjadi seorang influencer.

Postingan influencer bisa menjadi media marketing yang dimanfaatkan dan digunakan oleh produsen merek atau perusahaan dalam mempromosikan produknya. Pada tahun 2023, menjadi influencer akan menjadi salah satu pekerjaan yang paling menjanjikan di Instagram.

  • Blogger

Ada banyak sekali jenis blogger, termasuk blogger traveling, kuliner, dan bahkan lifestyle. Biasanya mereka akan menyediakan konten yang berhubungan dengan topik yang mereka pilih, misalnya blogger lifestyle, isi konten yang dibagikan berisi tentang bagaimana cara mengelola keuangan, menjaga kesehatan, cara memakai pakaian, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, para blogger akan memposting kontennya melalui halaman blog. Namun saat ini, semua itu dapat dilakukan melalui hanya dengan Instagram yang dapat digunakan untuk memperluas jaringan dan mendapatkan penghasilan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil foto, kemudian berbagi pengalaman tentang topik yang diambil, dan mengunggahnya ke Instagram. Tidak sedikit blogger yang telah memperluas jaringan mereka setelah merambah ke Instagram.

  • Bisnis Online

Instagram juga dapat digunakan sebagai platform untuk menjual barang baru ataupun bekas. Misalnya, saat ini banyak orang yang menyukai tren barang-barang vintage, baik pada perabotan rumah tangga maupun produk fashion. Tentunya, hal ini bisa menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis secara daring (online).

Dengan fitur Instagram Shopping ini, kalian bisa menawarkan dan menyediakan produk dengan harga terjangkau untuk dijual. Selain itu, dengan memanfaatkan fitur siaran langsung (live streaming), kalian bisa berkomunikasi dan mempromosikan produk secara langsung dengan calon pelanggan.

  • Menjual Jasa

Sebagai platform yang mengedepankan visual, Instagram bisa menjadi peluang besar untuk memberikan gambaran tentang layanan yang dijual kepada pelanggan. Tentunya, ada banyak jenis jasa yang bisa dijual, seperti desain grafis, fotografi, konsultan, produk digital, dan masih banyak lagi. Instagram bisa dimanfaatkan sebagai alat iklan dan menjualnya secara daring (online). Karena platform ini terus berkembang, tentu kalian bisa menjangkau lebih banyak lagi pelanggan, yang akan memberikan efek dalam meningkatkanya brand awareness danmeningkatkan penjualan.

(raa)

Share :