Foto:
Teknologi.id - Beberapa waktu lalu, salah satu provider Telkom Indonesia yakni Indihome mengalami gangguan internet yang mengakibatkan para pengguna provider tidak dapat menggunakan internet. Banyak kecaman dari warganet kepada pihak Telkom untuk mengganti rugi atas kesalahan dari pihak Telkom sendiri.
Vice President Marketing Management Telkom, E. Kurniawan menjelaskan empat jenis kompensasi akan diberikan kepada pelanggan IndiHome.
Berikut 4 kompensasi yang diberikan oleh pihak Telkom bagi pengguna provider Indihome maupun Telkom Indonesia
1. Waktu Pembayaran mundur
kompensasi pertama berupa pemunduran waktu pembayaran bagi pelanggan yang terdampak. Waktu pembayaran bagi pelanggan yang semula pada 20 September menjadi 25 September.
2. Hapus denda keterlambatan
Telkom juga menghapuskan denda keterlambatan pembayaran bagi pelanggannya.
"Kita sudah 2 kali memberikan kompensasi bertahap, saat kondisi terganggu layanan karena itu terjadi di tanggal 19 September, dan kewajiban bayar pelanggan yg seharusnya tgl 20 September, maka kita ambil langkah memundurkan waktu bayar sampai dengan tanggal 25 September, dan menghilangkan denda keterlambatan," jelasnya.
Foto: liputan6
3. Semua saluran Indihome TV dibuka
Telkom juga memberikan kompensasi berupa pembukaan semua channel yang ada di Indihome TV. Kompensasi ini berlaku dari mulai 26 September hingga 15 Oktober bagi semua pelanggan. Cara untuk mendapatkan kompensasi ini, pelanggan hanya perlu melakukan restart pada STB atau Set Top Box masing-masing.
"Karena gangguan yang terjadi dan sudah berangsur pulih, sebagai kompensasi, kami memberikan gratis open channel mulai tanggal 26 September 2021 s/d 15 Oktober 2021," tulis Indihome dalam akun Instagram resminya, Minggu (26/9).
"Untuk mengaktifkannya, Sobat hanya perlu me-restart STB dengan cara menekan tombol On/Off (power) pada STB-nya," lanjutnya.
4. Kompensasi tagihan Oktober
Selain itu, Kurniawan menjelaskan pihaknya juga akan memberikan kompensasi kepada pelanggan terdampak untuk tagihan di bulan Oktober. Namun untuk kompensasi ini tentu akan disesuaikan dengan kategori pelanggan tersebut.
"Segmen pelanggan IndiHome berbeda-beda berdasarkan paket berlangganan dan lama berlangganan. Nah, kompensasi tagihan dilakukan berdasarkan untuk pelanggan terdampak, sesuai yang dijelaskan dalam kontrak berlangganan," tandas Kurniawan.
(FAZ)