Teknologi.id - Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO adalah sebuah proses yang dapat meningkatkan kualitas dan jumlah traffic website melalui hasil pencarian organik. SEO sangat penting bagi setiap website yang ingin meningkatkan visibilitas dan popularitasnya di internet.
Saat ini terdapat banyak mesin AI yang dapat memberikan rekomendasi SEO, namun ChatGPT adalah yang terbaik diantara semuanya. Terlebih, sebentar lagi Premium ChatGPT akan release dengan fitur upload screenshots. Kamu cukup mengunggah screenshots kontenmu, dan boom! Premium ChatGPT akan langsung memberikan rekomendasi SEO yang sesuai. Namun tanpa akun premium pun kamu sudah bisa memanfaatkan ChatGPT untuk memberikan rekomendasi SEO bagi kontenmu. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang kegunaan ChatGPT untuk meningkatkan performa website melalui SEO.
Baca Juga : Orang Terkaya di Asia Kecanduan ChatGPT
Cara Mengoptimalkan SEO Website dengan ChatGPT
1. Memberikan Kode Skema Agar Google Memahami Konten Web-mu
Skema ini sangat penting untuk membantu Google memahami konten di website kamu. Terdapat banyak alat skema yang dapat diakses dengan gratis, tapi kami merekomendasikanmu untuk menggunakan ChatGPT karena penggunaannya yang sangat mudah. Kamu cukup copy-paste kontenmu dan minta kode skema yang diinginkan. ChatGPT akan langsung memberikan rekomendasi jenis skema yang sesuai dalam hitungan detik. Selain itu, ChatGPT juga bisa membuat kode HTML, CSS, dan jenis kode lain yang mungkin kamu butuhkan.
2. Memeriksa Ulang Kontenmu Agar Bebas dari Error
Setelah selesai membuat konten, pastinya kamu harus melakukan proofreading untuk memastikan kontenmu bebas dari kesalahan. Tapi kamu dapat memanfaatkan ChatGPT untuk menghemat waktumu. Chatbot AI ini dapat memastikan bahwa tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan yang merusak kualitas dan reputasi website-mu. Tidak hanya itu, ChatGPT dapat mengatur ulang artikel, memeringkasnya, dan bahkan menyarankan subjudul yang cocok untuk kontenmu. Dengan ChatGPT, kamu dapat yakin bahwa kontenmu bebas dari error dan siap untuk diterbitkan.
3. Membuat Meta Deskripsi Lebih Mudah
Google tidak menggunakan deskripsi meta dalam menentukan peringkat halaman website. Namun, deskripsi tersebut akan tetap ditampilkan di hasil pencarian. Artinya, kamu tetap harus memastikan deskripsi meta kontenmu menarik agar para pembaca tertarik untuk mengunjungi websitemu. Untuk mempersingkat waktu, kamu dapat 'minta tolong' kepada ChatGPT untuk membuat ringkasan halaman websitemu. Nah, kamu tinggal edit sesuai dengan keinginan dan menambahkan keyword agar lebih mudah ditemukan oleh calon pembaca.
4. Optimisasi Kata Kunci
Google mencoba untuk memahami apa yang orang cari saat berselancar internet. Namun, seringkali maksud pencarian itu tidak jelas. Misalnya, kata kunci "makanan sehat" bisa berarti restoran yang menyajikan makanan sehat, saran makan malam di rumah, atau toko bahan makanan organik.
Untuk meningkatkan SEO (optimisasi mesin pencari), kata kunci yang digunakan harus sesuai dengan maksud pencarian tersebut. Pekerjaan untuk menemukan dan menggunakan kata kunci yang tepat sangat menyita waktu dan energi kamu. Maka dari itu, kamu dapat meminta ChatGPT untuk mengatur kata kunci tersebut sesuai dengan maksud pencarian. Seperti cara sebelumnya, kamu hanya perlu meng copy-paste daftar ide kata kunci. Namun, alat ini kurang akurat jika daftar kata kunci terlalu panjang, jadi disarankan untuk membagi daftar menjadi beberapa segmen.
5. Menyarankan Judul Konten yang Menarik
Untuk membuat judul konten menggunakan ChatGPT caranya pun cukup mudah. kamu bisa memasukkan kata perintah seperti contoh diatas. Cara lain yang dapat dilakukan, adalah meng copy-paste isi kontenmu, dan minta chatbot canggih ini untuk menghasilkan judul yang sesuai.