Benarkah YouTube Hapus Tombol Skip Iklan di Desktop dan Seluler?

Adellia Irmanda Azzahra . October 10, 2024

YouTube Hapus Tombol Skip Iklan

Foto: YouTube

Teknologi.id - YouTube diketahui memiliki kecenderungan untuk beriklan di platformnya, yang muncul dalam berbagai bentuk, seperti rekomendasi video bersponsor dan segmen iklan yang muncul sebelum dan selama video tayang. Meskipun iklan-iklan ini membantu menjaga sebagian besar konten video tetap gratis untuk ditonton, iklan tersebut terkadang bisa menjadi hal yang mengganggu, terutama ketika iklan ditampilkan dua kali berturut-turut tanpa bisa di-skip.

Biasanya, YouTube memungkinkan pengguna untuk melewati iklan setelah beberapa detik. Namun, akhir-akhir ini beredar kabar bahwa fitur timer untuk tombol Skip Ads akan segera dihapus.

YouTube sering menampilkan iklan kepada penontonnya dalam berbagai bentuk yang menyebalkan, seperti segmen iklan yang tidak dapat di-skip dan menampilkan iklan saat pengguna menjeda video.

Upaya ini nyatanya menunjukkan tindakan tegas yang dilakukan YouTube terhadap ekstensi pemblokir iklan dan aplikasi tiruan. Namun, bagi banyak pengguna, menunggu beberapa detik sebelum bisa melewati iklan bukanlah masalah yang besar, terutama karena mereka dapat melihat timer  hingga tombol Skip Ads muncul.

Namun, minggu lalu, pengguna YouTube di desktop melihat adanya kotak abu-abu yang menutupi tombol Skip Ads, tanpa menampilkan timer. Hal janggal ini ditemukan oleh salah satu pengguna platform Reddit.

YouTube menguji overlay berbentuk kotak hitam kecil yang menyembunyikan tombol Skip Ads yang muncul setelah iklan dapat dilewati. Penempatan ini sangat mengganggu, karena tombol Skip menjadi sulit dijangkau, seperti terhalang oleh stiker di layar.

Foto: BigBlueMountainStar via Reddit

Komentar-komentar di bawah postingan Reddit tersebut juga menunjukkan bahwa banyak orang mengalami hal serupa di YouTube mereka. Hal ini memunculkan asumsi bahwa YouTube tengah melakukan uji coba terbatas pada sebagian penggunanya.

Baca juga: Tarif YouTube Premium Naik Lagi Mulai November, Simak Rincian Harganya

Melansir Android Police, kejanggalan yang sama juga ditemukan pada aplikasi YouTube untuk Android. Tidak ada kotak penghalang yang terlihat, serta timer yang juga tidak ditampilkan.

Meskipun tidak ada yang tahu pasti apa rencana YouTube, kejanggalan ini bisa jadi merupakan sebuah langkah awal mereka untuk benar-benar menghapusnya tombol Skip Ads secara permanen di masa depan.

Respons YouTube Terhadap Hilangnya Tombol Skip Ads

Manajer Komunikasi Iklan YouTube, Oluwa Falodun, memberikan klarifikasi terhadap kejanggalan yang beberapa pengguna YouTube alami. Ia mengonfirmasi bahwa kejanggalan yang telah dialami beberapa pengguna belakangan ini merupakan suatu hal yang memang disengaja.

Melansir Android Police (9/10), berikut klarifikasi lengkap dari YouTube.

"YouTube tidak menyembunyikan tombol Skip Ads. Pada iklan yang dapat di-skip, tombol tersebut akan muncul setelah 5 detik pemutaran, seperti biasanya. Untuk membantu pengguna fokus pada materi iklan dan membuat pemutar lebih lancar saat menonton konten YouTube, kami mengurangi elemen pada pemutar iklan. Dengan cara ini, pengguna dapat lebih terlibat dengan iklan melalui pengalaman yang lebih bersih."

"Pengguna di perangkat desktop dan seluler mungkin sekarang akan melihat timer muncul dalam bentuk progress bar di bagian bawah layar. YouTube telah meluncurkan pembaruan tahunan yang menawarkan pengalaman menonton yang lebih modern dan mendalam, serta meningkatkan cara pengguna menikmati video. Sejalan dengan pembaruan ini, pengalaman iklan juga tengah berkembang di seluruh platform."

Tombol Skip Ads Masih Ada

Tampaknya, fitur timer memang sudah hilang di banyak pengguna. Fitur ini akan digantikan dengan progress bar untuk menunjukkan waktu yang tersisa sampai tombol Skip Ads dapat digunakan. Tujuan dari pembaruan ini adalah agar pengguna lebih memperhatikan iklan daripada menghitung mundur dengan timer.

Selain itu, YouTube menegaskan bahwa fungsi tombol Skip Ads tetap tidak berubah. YouTube terus melakukan pembaruan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan penonton yang terus berubah. Sebagian besar pembaruan diluncurkan secara diam-diam dan dilakukan setiap tahun.

Penghapusan fitur timer bisa menyebabkan kebingungan di kalangan pengguna. Beberapa mungkin tidak masalah dengan perubahan ini, tetapi yang lain mungkin akan berpikir bahwa ini merupakan strategi baru YouTube untuk memaksa penggunanya menonton iklan.

Tombol Skip Ads masih ada sampai saat ini. Pengguna hanya perlu melewati waktu tunggu lima detik yang wajib, yang ditunjukkan oleh progress bar kecil.

Baca berita dan artikel yang lain di Google News.

(aia)

Share :