Akhirnya, Google Meet Kini Bisa Diakses Lewat Gmail Android dan iOS

Alda Yuriska . June 18, 2020

Foto: 9to5google

Teknologi.id - Setelah sekian lama platform video konferensi Google Meet hanya tersedia bagi pengguna bisnis Google G Suite dan Gmail versi web, kini Meet dikabarkan telah disebarkan ke pengguna Gmail reguler di Android dan iOS. Dari kehadirannya ini, pengguna Gmail tidak perlu lagi menginstal aplikasi Meet khusus untuk bergabung atau memulai telekonferensi.

Pasalnya, kini Google akan menyediakan tab "Meet" di sisi bawah Gmail pada antarmuka utama Gmail yang baru. Nantinya, dengan mengetuk tab tersebut, pengguna bisa langsung memulai telekonferensi dan menon-aktifkan mikrofon serta kamera lebih dulu, lalu setelah itu pengguna bisa mengundang peserta lain dengan membagikan kode dan tautan (link) Meet.

Baca Juga: Yuk Bikin Robot Sendiri dengan Mindstorms Robot Inventor Kit dari Lego

Seperti yang dilansir dari Pocket-Lint (18/06/2020), integrasi Meet di Gmail versi mobile untuk pengguna Android dan iOS ini akan hadir pada akhir Juni 2020 mendatang. Sebelumnya, untuk memperluas penggunaan Google meet dikalangan masyarakat, pihak Google telah menggratiskan akses Meet sejak April lalu lantaran menurutnya ini dapat membantu masyarakat dunia dalam menjalankan program bekerja dari rumah selama masa karantina COVID-19.

Dengan kehadiran Meet di Gmail, ini bisa menjadi salah satu langkah yang mengancam popularitas layanan telekonferensi yang saat ini sedang digandrungi jutaan masyakat dunia yaitu Zoom, karena mengingat tak sedikit masyarakat dunia yang mempunyai layanan Gmail dalam ponselnya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Kamera HP untuk Sulap Foto Bagai Kamera Film Jadul

Namun, apabila pengguna tidak ingin mengintegrasikan Meet di Gmailnya, Google juga memberikan opsi untuk menon-aktifkan Meet ini. Caranya, buka Gmail versi web. Kemudian pergi ke menu setting (pengaturan). Pilih Chat and Meet, lalu lihat pada seksi "Meet". Klik opsi "Sembunyikan panel Meet di menu utama" .

Untuk menampilkannya lagi, lakukan langkah yang sama lalu pilih "Tampilkan panel Meet di menu utama" dan angan lupa untuk mengklik "Simpan Perubahan" setelah mengatur ulang.

(ay)


Share :