Yuk Bikin Robot Sendiri dengan Mindstorms Robot Inventor Kit dari Lego

Indah Mutia Ayudita . June 17, 2020

Seri Mindstorms Robot Inventor Kit. Foto: Lego

Teknologi.id - Lego merilis Mindstorms Robot Inventor kit, sebuat set permainan dimana anak-anak bisa membangun dan merancang robotnya sendiri.

Set ini terdiri atas 949 bagian, termasuk sensor warna, sensor jarak, empat motor pengerak, dan Intelligent Hub milik Lego yang terhubung dengan Bluetooth. 

Permainan ini dirancang untuk mengajarkan dasar-dasar kemampuan STEM (science, technology, engineering, math) untuk anak-anak, salah satunya adalah skill programming.

Kit ini dilengkapi dengan instruksi untuk membuat 5 robot. Ada Blast, robot paling keren di antara yang lain. Robot yang menggunakan seluruh hub, motor, dan sensor yang ada. Menurut Lego, robot ini bisa mendeteksi lingkungan sekitar dan menembakkan panah.

Blast, robot Mindstorms paling keren. Foto: Lego

Baca juga: Startup Teknologi Jepang Bikin Robot Pembunuh Virus Corona

Ada juga Charlie, robot kecil yang bisa menari dan memberi tos, Tricky, robot sporty yang bisa bermain basket, sepak bola, dan bowling. Gelo, robot hewan berkaki empat yang bisa berjalan dan menghindari rintangan di depannya. Terakhir, ada MVP (Modular Vehicle Platform—Platform Kendaraan Modular) yang bisa dibangun menjadi berbagai macam kendaraan seperti kereta atau derek.

Berikut penampilan keempat robot Mindstorms lain yang tidak kalah keren dari Blast:

Charlie, robot Mindstorms yang lucu. Foto: Lego

Tricky, Robot Mindstorms yang bisa bermain bola. Foto: Lego

Gelo, robot berkaki 4. Foto: Lego

MVP, robot yang bisa diubah-ubah bentuknya. Foto: Lego

Dalam set ini juga terdapat Intelligent Hub milik Lego yang baru, mirip dengan Hub yang ada pada kit Spike Prime. Intelligent Hub ini memiliki LED matrix berukuran 5x5 yang bisa digunakan untuk memberi wajah pada Blast dan Charlie.

5 Robot Mindstorms. Foto: Lego

Hub ini juga memiliki akselometer, speaker, port micro USB dan mendukung konektivitas dengan menggunakan Bluetooth. Port input-outputnya ada 6, bisa dihubungkan dengan berbagai sensor dan motor.

Lego juga memiliki aplikasi Mindstorms Robot Inventor yang dilengkapi dengan instruksi cara membangun serta instruksi coding untuk tiap robot. Aplikasi ini tersedia untuk Windows 10, macOS, iOS, dan Android.

Baca juga: Saingan Apple Watch, Realme Ikut Rilis Jam Pintarnya

Jika Anda ingin membuat robot sesuai desain yang Anda inginkan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat kode pemrograman sendiri. Anda juga bisa menghubungkan robot dengan kontroler menggunakan aplikasi yang sama.

Satu-satunya yang kurang dari set robot keren ini adalah harganya yang cukup tinggi, sekitar USD 359,99. Tapi rasanya harga tersebut sepadan untuk 5 robot pintar yang bisa melakukan berbagai hal.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya