Pengguna Android 15 Bisa Edit PDF di Aplikasi Files by Google?

Vanessa Netanya . October 03, 2024

Android 15

Foto: Android Developers Blog

Teknologi.id - Android 15 menghadirkan fitur baru di Files by Google yang memberikan akses kepada penggunanya untuk mengelola file PDF.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi mutinasional terbesar, Google tidak henti-hentinya memberikan inovasi yang semakin menguntungkan pengguna. Kini Google berkolaborasi dengan Android 15 untuk mengadakan aplikasi sebagai tempat mengedit atau mengelola file PDF dengan mudah melalui ponsel.

Sistem operasi Android 15 mengembangkan fitur yang dapat dinikmati oleh berbagai ponsel yang kebagian update software terbaru ini, seperti Vivo dan Google Pixel.

Sampai saat ini, aplikasi Files hanya digunakan sebagai perantara untuk mengarahkan file PDF ke aplikasi Google Drive. Di sana, terdapat fitur-fitur yang lengkap untuk mengedit file PDF.

Pengguna dapat memperbesar harapan terhadap fitur yang lebih canggih lagi, karena dalam waktu dekat diperkirakan Google akan merilis versi terbaru aplikasi Files.

Dilansir dari Liputan 6 pada Kamis (3/10/2024), Tipster Google dengan akun @AssembleDebug menjelaskan melalui Android Authority bahwa terdapat fitur yang masih disembunyikan pada versi beta terbaru (1.4955.677425801.0-release).

Pembaruan fitur ini terdapat pada aplikasi Files yang sudah dapat mengedit file secara mandiri tanpa perlu berpindah aplikasi ke Google Drive. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengedit dokumen, seperti mencari kata, memilih teks, zoom file, hingga membuka PDF dengan kata sandi.

Baca juga: Fitur Baru Android 15 Bisa Deteksi Kerusakan HP Langsung dari Rumah

Perlu dicatat, fitur ini eksklusif hanya terdapat di Android 15. Pengguna dengan sistem operasi generasi sebelumnya belum dapat mengakses fitur tersebut, sehingga harus mengarahkan file ke Google Drive dahulu seperti cara biasanya.

Android 15 sendiri belum memperlihatkan hilal untuk hadir pada pengguna Android. Setelah perilisannya sempat tertunda, perusahaan memiliki rencana untuk merilis update sistem operasi Android 15 pada bulan Oktober 2024. Penundaan tersebut disebabkan oleh indikator OS yang belum stabil sepenuhnya

Namun, jadwal ini tentu belum pasti. Peluncuran Android terbaru ini masih dapat berubah sesuai dengan kesiapan perusahaan untuk membuat OS yang siap digunakan .

Jika Android 15 benar menambahkan fitur pengelola PDF ini, pengguna tidak perlu lagi bergantung pada Google Drive untuk mengedit file. Waktu yang dipakai juga akan lebih sedikit sehingga semakin efisien.

Sejauh ini, fitur terbaru di aplikasi Files menjadi pembaruan yang paling dinantikan dalam update-an software Android 15.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :