Google Luncurkan Fitur Baru, Bisa Pindahkan Panggilan dari HP ke Laptop!

Vanessa Netanya . July 31, 2024

Fitur baru Google pindahkan panggilan dari HP ke Laptop
Foto: Yt/Technical Decidan

Teknologi.id - Google meluncurkan dua fitur praktis terbaru yang sebelumnya sudah diumumkan di I/O, pada Mei lalu. Dua fitur ini meliputi transmisi panggilan (call casting) dan berbagi internet (internet sharing).

Peluncuran tersebut menjadi gelombang pertama dari layanan lintas perangkat Google yang memudahkan pengguna untuk beralih antar perangkat Android, seperti yang dilaporkan 9to5Google, dikutip dari Engadget, Rabu (31/7).

Pengguna Android mulai dapat mempelajari dan menggunakan fitur terbaru melalui pusat bantuan yang dimunculkan oleh Google dalam notifikasi pembaharuan perangkat lunak. Seperti yang tertera pada halaman bantuan Google, call casting memungkinkan pengguna untuk mengalihkan panggilan video dari satu perangkat ke perangkat lain dengan Akun Google yang sama.

Misalnya, pengguna dapat mengalihkan panggilan video dari ponsel ke laptop, dengan syarat kedua perangkat telah masuk pada Akun Google yang sama.

Fitur call casting mirip dengan fitur yang telah dijalankan oleh perusahaan Zoom, di mana pengguna dapat memindahkan panggilan video ke perangkat lain yang sebelumnya telah terhubung dengan Akun Zoom yang sama.

Saat ini, fitur call casting hanya berfungsi untuk Google Meet.

(Sumber gambar: Engadget/Google)

Fitur selanjutnya adalah internet sharing. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi akses hotspot dengan perangkat sendiri secara otomatis.

"Automatically share hotspot access with your own devices," tulis Google dalam pilihan fitur terbarunya.

Fitur internet sharing terhubung dengan Chromebooks dan perangkat Android yang telah masuk ke Akun Google. Syarat dari penggunaan fitur ini adalah pengguna harus mengaktifkan Bluetooth dan lokasi perangkat.

Perlu dicatat, fitur ini tidak berfungsi dengan perangkat Samsung, sehingga Google menyarankan untuk menggunakan fitur auto-hotspot sebagai gantinya.

Sampai saat ini, fitur call casting dan internet sharing baru tersedia di Android 11+ yang menjalankan layanan Google Play versi 24.28.34. Selain itu, fitur ini masih dikemas  dalam versi beta. Google diharapkan dapat segera melakukan peluncuran secara meluas sehingga fitur ini dapat dinikmati oleh pengguna di berbagai wilayah di dunia.

Baca juga: Helat Ajang Google I/O 2024, 10 Fitur Serba AI Google Diisukan Segera Rilis!

Sebelumnya, Google telah mengumumkan beberapa fitur pada konverensi Google I/O 2024 pada Selasa, 14 Mei 2024. Pada konverensi tersebut, Google update terbaru tentang berbagai acara besar hingga tambahan fitur pada perangkat Google sendiri.

Beberapa pengumuman yang disampaikan oleh pihak Google antara lain:

  1. Gemini 1.5 Flash dan update terbaru Gemini 1.5 Pro
  2. Project Astra
  3. Ask Google Photos
  4. Veo (generator teks ke bentuk video)
  5. Imagen3
  6. Integrasi AI dalam Google Search
  7. Gemini pada Android
  8. Improvisasi pada baterai WearOS 5
  9. Fitur anti-theft pada Android 15
  10. SynthID

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :