Langkah Serius Amazon Dalam Industri Podcast

Muhammad Iqbal Mawardi . November 04, 2021


Foto: Amazon Music

Teknologi.id – Amazon Music pertama kali menempatkan podcast di platformnya tahun lalu, dan sekarang meluncurkan fitur pertamanya yang dibangun di platform mereka.

Amazon berencana untuk meluncurkan transkrip yang dibuat secara otomatis dan disinkronkan di iOS dan Android di AS mulai hari ini, yang berarti transkrip akan cocok dengan audio yang kita dengar, dan kita dapat beralih untuk melompat ke bagian audio tertentu.

Transkrip bersifat interaktif dan dapat dilihat dalam layar penuh atau di atas sampul album dalam aplikasi.

Untuk saat ini, transkrip hanya hadir di Amazon Music dan Wondery show tertentu, bersama dengan program mitra yang telah bekerja dengan Amazon pada fitur tersebut, seperti This American Life dan Crime Junkie.

Baca juga: 5 Rekomendasi Podcast Pengembangan Diri yang Inspiratif

Lebih banyak acara kerjasama yang akan menerima transkrip di masa mendatang, ucap Kintan Brahmbhatt, direktur podcast di Amazon Music. Alasan mengapa tim begitu aktif dengan mitra adalah karena Amazon ingin menjadi salah satu layanan yang paling ramah pembuat konten, dan paling ramah podcaster di dunia.

Iklan tidak akan ditranskrip. Transkripsi hanya akan mengatakan audio tidak ditranskripsi selama jeda iklan tersebut. Secara umum, Brahmbhatt mengatakan hal utama yang ingin dia dan tim capai dengan peluncuran ini adalah mampu menavigasi podcast berdasarkan versi tertulis, mirip dengan bagaimana seseorang dapat menggosok video.

“Anda sedang mendengarkan sebuah wawancara dan berkata, ‘Oh ya, mereka membuat poin yang sangat bagus. Saya bisa menandainya, tetapi saya hanya ingin kembali ke bagian itu lagi,' — atau mengunjungi kembali pertunjukan atau meninjau kembali beberapa aspek pertunjukan; itu benar-benar membantu pelanggan untuk bolak-balik dan menggunakannya sebagai alat navigasi lebih dari sekadar membaca, ”ucapnya.

Amazon Music sekarang menjadi aplikasi musik dan podcast, dan tetap terpisah dari Audible, yang beroperasi dengan model pembayaran berbeda tetapi juga menawarkan podcast.

Amazon Music telah mengejar berbagai penawaran pertunjukan eksklusif, termasuk, yang paling menonjol, kesepakatan dengan SmartLess untuk dilaporkan antara $60 dan $80 juta, yang memberi layanan jendela eksklusivitas selama seminggu.

Amazon juga mengakuisisi layanan hosting dan monetisasi Art19 dan jaringan podcast Wondery, yang mengoperasikan aplikasi podcast langganannya sendiri yang disebut Wondery Plus.

(MIM)

Share :