Photo by Negative Space from Pexels
Seiring meningkatnya pertumbuhan digital di Indonesia, pekerjaan - pekerjaan terkait digital marketing juga semakin populer. Salah satu talenta digital yang banyak dibicarakan adalah SEO Specialist. Lalu apakah yang dimaksud dengan SEO Specialist dan apa saja yang menjadi tanggung jawabnya?
Pengertian dan Tanggung Jawab SEO Specialist
Apa itu SEO Specialist?
SEO (Search Engine Optimization) Specialist adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menguji, menganalisis, dan mengubah situs web sehingga dioptimalkan untuk mesin pencarian agar situs web tersebut mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil penelusuran di mesin pencarian seperti Google dan Bing.
SEO Specialist melakukan pengoptimalan halaman di seluruh situs web untuk memastikan hasil pencarian relevan, menciptakan pengalaman pengguna yang positif, meningkatkan lalu lintas situs web, dan nantinya meningkatkan brand awareness. Dengan kata lain, SEO Specialist memiliki tujuan yang sama dengan pemasaran digital atau pemasaran tradisional lainnya, yaitu menciptakan lebih banyak penjualan untuk perusahaan yang dikelola.
Terdapat kurang lebih 2 miliar situs web di dunia, dan permintaan terhadap SEO saat ini sedang melonjak. Lockdown dan pembatasan saat pandemi menghasilkan pertumbuhan bisnis dan layanan online yang belum pernah terjadi sebelumnya. Setiap situs web bisnis harus dioptimalkan agar pencarian dapat ditemukan oleh pelanggannya di Google.
Baca juga: 3 Alasa Mengapa SEO Penting untuk Website
Apa saja tanggung jawab SEO Specialist?
Tanggung jawab pekerjaan seorang SEO Specialist dapat bervariasi berdasarkan apakah seseorang bekerja untuk agen pemasaran digital, di departemen pemasaran digital perusahaan, atau freelance untuk klien. Tetapi job description bagi sebagian besar SEO Specialist mencakup atau sebagian besar dari hal berikut:
- Mengembangkan strategi optimasi terhadap peringkat hasil pencarian situs web perusahaan
- Mengelola pengeluaran kampanye SEO, menyesuaikan anggaran, menghitung biaya bulanan, dan rekonsiliasi perbedaan
- Dengan erat berkolaborasi dengan tim pengembang web untuk memastikan praktik SEO sudah diterapkan secara menyeluruh pada konten situs web
- Bekerja sama dengan tim editorial dan pemasaran untuk mendorong SEO pada pembuatan konten dan pemasaran konten
- Melakukan penelitian, penemuan, dan pengoptimalan untuk kata kunci baru
- Meneliti dan mengimplementasi rekomendasi SEO
- Menentukan tujuan yang terukur yang menunjukkan peningkatan pada usaha pemasaran
- Mengawasi matriks kinerja harian dengan alat SEO seperti Google Analytics dan Google Search Console untuk mengetahui kinerja strategi SEO
Jadi itulah pengertian dan juga tugas dari seorang SEO Specialist. Apakah tertarik untuk memulai karir di SEO Specialist?
Tinggalkan Komentar