Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis UKM Menggunakan Website

Teknologi.id . November 18, 2021

Foto: sumberpengertian

Teknologi.id - Website yang dibuat pada layanan hosting murah atau di jasa penyedia layanan hosting tidak hanya untuk perusahaan berskala besar saja. Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) juga bisa mencicipi manisnya keuntungan dari bisnis online dengan menggunakan website.

Bahkan saat ini sudah tersedia banyak sekali paket hosting murah plus gratis domain, seperti Hostinger Indonesia. Penawaran tersebut tentu sangat cocok sekali untuk pebisnis UKM yang ingin membuat website.

Namun sebelum mengenal lebih jauh seperti apa paket hosting murah yang disediakan oleh Hostinger dan keuntungannya untuk para pelaku UKM, ketahui dulu jenis bisnis apa saja yang cocok dipasarkan dengan menggunakan website.

Bisnis UKM Apa Saja yang Cocok Memiliki Website?

Saat ini ada banyak sekali bisnis UKM yang cocok memiliki website. Bahkan hampir semua bisnis UKM cocok untuk memiliki website, lho. Nah, berikut ini kami punya beberapa rekomendasi beberapa bisnis kecil dan menengah yang cocok memiliki website.

1. Bisnis Percetakan Atau Sablon

Jasa percetakan maupun sablon saat ini sudah bisa menyediakan layanan online bagi para pelanggannya. Cara pemesanan pun mudah karena konsumen tidak perlu keluar rumah.

Contoh jasa percetakan maupun sablon online seperti percetakan undangan, sablon kaos, spanduk, dan lain sebagainya.

2. Bisnis Kuliner 

Hampir semua jenis kuliner saat ini sudah bisa dipasarkan secara online. Terutama jenis-jenis kuliner yang kuat dan tahan lama untuk dikirim ke berbagai tempat.

Meski begitu, ada juga beberapa kuliner yang hanya bisa dipasarkan secara online di daerah-daerah tertentu. Contohnya seperti makanan cepat saji yang hanya cocok dipasarkan di satu kota saja.

3. Bisnis di Bidang Fashion

Bisnis yang satu ini merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Kini para pelaku UKM yang bergelut di bidang fashion sudah bisa memasarkan produknya secara online.

Ada banyak jenis di bidang fashion yang saat ini sudah sering dipasarkan secara online. Contohnya seperti pakaian wanita, sepatu, tas, hijab, dan masih banyak lainnya.

Selain bisnis-bisnis di atas, masih banyak jenis bisnis UKM lainnya yang cocok dipasarkan melalui website. Di atas hanyalah beberapa contoh populer saja.

Baca Juga: Shopee Buat Kampus UMKM di Jakarta, ini Tujuannya

Tips Meningkatkan Keuntungan UKM Menggunakan Website

Sudah memiliki website pada suatu layanan hosting? Tapi masih bingung bagaimana cara meningkatkan keuntungannya? Berikut sudah kami rangkum tipsnya kepada Anda. 

1. Memilih Penyedia Hosting yang Kredibel 

Perhatikanlah kualitas jasa penyedia hosting dan beli domain yang akan Anda pilih. Pasalnya, kualitas hosting akan menentukan kenyamanan audiens yang mengaksesnya. Layanan hosting seperti yang ditawarkan oleh Hostinger Indonesia bisa membantu website Anda tetap online setiap hari.

Sebagai salah satu penyedia web hosting terbaik di Indonesia, Hostinger menawarkan serangkaian fitur pembuatan website yang mudah dan bisa digunakan oleh para pebisnis pemula yang awam dengan berbagai prosedur teknis, tentunya dengan bantuan layanan Customer Success Specialist 24/7.

Ada beberapa pilihan hosting yang bisa dimanfaatkan dari Hostinger, di antaranya:

  • Share web hosting 
  • Cloud hosting
  • WordPress hosting
  • cPanel hosting
  • VPS hosting
  • Minecraft hosting
  • CyberPanel hosting

2. Memilih Jenis Website yang Tepat

Ada beberapa jenis website yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pemasaran maupun promosi. Jenis-jenisnya meliputi toko online, landing page, blog, maupun website bisnis yang menjadi portal informasi.

Berbagai jenis website ini bisa Anda buat sendiri dengan memanfaatkan website builder dari Hostinger berupa Zyro. Di dalamnya terdapat fitur seperti WordPress, Litespeed, Google Cloud, Jetpack, dan Cloud6 yang mampu membuat performa website Anda semakin profesional dan layak bersaing dengan usaha-usaha besar di luar sana.

Silahkan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Contohnya, bagi yang ingin memasarkan produk secara langsung, silahkan Anda buat website untuk toko online. Sedangkan untuk yang ingin menawarkan promo produk tertentu, Anda bisa membuat landing page sesuai dengan produk-produk yang tersedia.

3. Memilih Gambar Bagus dan Berkualitas

Gambar makanan pada website Anda sangatlah penting. Bagi Anda yang tidak berpengalaman membuat gambar yang bagus, Anda bisa menggunakan jasa foto atau desain.

Gambar sangat menentukan sekali. Pastikan gambar makanan yang Anda taruh di website bisa menggoda selera makan audiens. Jangan lupa juga untuk memilih gambar dengan resolusi tinggi.

4. Gunakan Fitur Penjualan yang Mudah Ditemukan

Fitur penjualan yang kami maksud yaitu meliputi tombol pemesanan, tombol keranjang, dan tombol CTA (Call to Action) lainnya. Pastikan tombol CTA ini Anda tempatkan di tempat yang mudah ditemukan dan dilihat.

Namun jangan asal menempatkan tombol CTA. Penempatannya harus tepat. Salah satu contoh penempatan tombol CTA yang tepat yaitu berada di bagian bawah gambar produk.

Tombol CTA juga bisa diaplikasikan di bawah konten copywriting di landing page. Pastikan juga warna dan bentuknya pun sesuai.

5. Perhatikan Kualitas Konten 

Ada dua jenis konten dan satu elemen penting di dalam sebuah website bisnis online. Jenis kontennya yaitu artikel dan copywriting, sedangkan elemennya yaitu gambar.

Artikel biasanya digunakan untuk halaman blog. Fungsi dari artikel biasanya bertujuan untuk brand awareness, story telling, atau konten-konten yang bersifat soft selling.

Konten copywriting biasanya digunakan untuk landing page, selain itu juga digunakan untuk deskripsi. Konten copywriting umumnya lebih singkat namun berisi tulisan hard selling yang menggoda para audiens untuk membeli produk atau menggunakan jasa.

Selanjutnya, elemen gambar bisa Anda gunakan untuk blog, pada toko online, maupun landing page. Gambar ini sebagai bumbu agar konten yang Anda buat semakin menarik.

6. Sering-sering Mengadakan Promosi 

Promo adalah salah satu teknik atau strategi pemasaran yang terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan. Pasalnya, strategi pemasaran ini paling banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia.

Maka dari itu, sering-seringlah mengadakan promosi. Kabarkan promosi Anda di website maupun media sosial.

Anda harus mengorbankan sedikit keuntungan dengan memotong harga produk, namun Anda berpotensi mendapatkan penjualan yang lebih banyak. Promosi juga cocok untuk merangkul customer baru dan meningkatkan loyalitas customer lama.

7. Jangan Lupakan SEO

Website memerlukan SEO (Search Engine Optimization) untuk mendapatkan jumlah traffic yang lebih banyak. SEO adalah rangkaian optimasi agar website Anda muncul di hasil pencarian Google.

Semakin sering website Anda muncul di hasil pencarian, maka semakin besar kemungkinan terjadinya penjualan. Selain itu, SEO juga bisa menjadi media promosi yang dapat menjangkau audiens tertarget.

Salah satu teknik SEO yang bisa Anda aplikasikan adalah membuat artikel yang ramah SEO atau SEO friendly. Artikel yang ramah SEO adalah artikel yang nyaman dibaca oleh manusia dan juga bagus untuk Google.

Kesimpulan

Website merupakan salah satu media yang sudah bisa dimanfaatkan oleh pelaku UKM di Indonesia. Media tersebut bisa digunakan langsung untuk penjualan, maupun sebagai media promosi maupun brand awareness atau branding.

Hadirnya layanan hosting murah dengan harga terjangkau, membuka peluang bagi siapa saja yang ingin memiliki website. Dengan penawaran tersebut, pebisnis UKM juga bisa memiliki website yang bagus untuk promosi maupun pemasaran. Untuk informasi lebih lanjut tentang Hostinger Indonesia, kunjungi https://www.hostinger.co.id dan pilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

(SA)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler