Berbagai Masalah Umum di AirPods dan Cara Mengatasinya

Luthfiana Mifta . July 28, 2020


Foto: Suara.com


Teknologi.id - Diluncurkan pertama kali pada tahun 2017 untuk menemani iPhone 7, AirPods menjelma menjadi salah satu jenis gadget yang wajib dimiliki oleh generasi muda. Perangkat ini memiliki berbagai fitur, seperti noise cancellation, desain anti air, terhubung dengan Siri, sampai sistem kontrol yang mudah. Didukung oleh prosesor audio yang mumpuni, AirPods mampu menghadirkan audio yang berkualitas bagi telinga penggunanya.

Biasanya setiap produk elektronik memiliki masalah umum, tidak terkecuali pada AirPods. Berikut ini merupakan masalah umum di Airpods dan cara mengatasinya:

Baca juga: Daftar Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik di Smartphone

1. AirPods hilang

Foto: Apple Support


Jika Airpods kalian hilang, entah terselip atau terjatuh, kalian bisa menggunakan fitur Find My iPhone. Langkah pertama tentunya menginstal aplikasi Find My iPhone di perangkat iOS kalian. Setelah itu, masukkan ID Apple kalian, kemudian pilih menu AirPods. Ponsel akan menunjukkan peta lokasi AirPods berada. Jika kalian melihat ada titik hijau di sebelah ikon AirPods, maka artinya AirPods kalian masih dalam keadaan menyala. Kalian bisa memutar audio untuk menemukan AirPods dengan mudah.

2. Masalah pemasangan

Foto: Tutomoviles.com


Jika AirPods tidak terhubung ke ponsel, hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah memasukkan AirPods ke tempat pengisian daya. Tunggu sekitar 10 detik, lalu coba gunakan AirPods. Apabila belum berhasil, coba nyalakan dan matikan Bluetooth di ponsel kalian, lalu isi daya AirPods selama 10 detik. Setelah itu coba gunakan kembali.

Baca juga: Tips Memilih Financial Planner yang Cocok untuk Kaum Milenial

3. AirPods kiri atau kanan tidak berfungsi


Foto: Don Caprio


Letakkan kedua AirPods ke tempat pengisian daya dan pastikan kedua AirPods mengisi daya. Jika salah satu AirPods masih tidak berfungsi, buka Pengaturan di perangkat iOS, lalu klik Bluetooth. Ketuk ikon "i"  di sebelah AirPods. Kemudian klik Lupakan Perangkat Ini, lalu tap untuk mengonfirmasi.

Letakkan kedua AirPods ke dalam casing pengisian daya, tunggu 30 detik lalu buka. Tekan dan tahan tombol pengaturan selama beberapa detik sampai terlihat lampu status berkedip putih. Sambungkan kembali AirPods dengan mendekatkannya ke perangkat kalian. Selanjutnya, uji kedua AirPods. Kalian juga bisa memeriksa lubang mikrofon dan speaker di setiap AirPods dan membersihkannya jika ada serpihan atau kotoran yang menempel.

4. Suara AirPods putus-putus

Foto: Braintologi


Jika kalian mengalami hal ini, cobalah mengangkat telepon dengan menggunakan satu AirPods saja di salah satu telinga, jangan kedua-duanya. Jika belum berhasil, buka aplikasi Settings pada iPhone kalian. Kemudian, masuk ke Bluetooth. Selanjutnya, di samping daftar koneksi Bluetooth yang terbuka, kalian akan melihat ikon ‘i’ di dalam lingkaran. Klik ikon tersebut, lalu pilih mikrofon dan atur untuk menggunakan kanan atau kiri saja.

Baca juga: Ingin Hilangkan Objek Foto yang Mengganggu? Berikut Caranya

(lm)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya