Metaverse dan NPC: Sebuah Pengalaman Baru bagi Pecinta Game

Lusita Amelia . July 27, 2022

Foto: Twitter/BillyM2k


Teknologi.id - Sejak beberapa tahun terakhir ini, istilah Metaverse menjadi topik perbincangan hangat yang sering dibicarakan di media sosial, khususnya aplikasi Twitter. Walaupun konsep yang diberikan Metaverse terdengar mustahil bagi sebagian orang, inovasi ini menjadi harapan bagi berbagai industri bahkan individu itu sendiri. Konsep Metaverse mungkin tidak asing lagi dengan dunia virtual game yang biasa mereka lakukan. Singkatnya, Metaverse mengajak seseorang untuk dapat merasakan langsung sebuah dunia digital tanpa harus berpindah tempat. 

Belakangan ini sedang marak di media sosial Twitter mengenai pengalaman kencan pertama dengan NPC yang diparodikan oleh seorang wanita bernama Nicole dengan akun instagram @czuj.nicki. Video yang diambil dari akun TikTok @loczniki dan diunggah kembali oleh @BillyM2K mendapat respons yang beragam dengan total lebih dari 10.000 likes.

Video tersebut memperlihatkan bagaimana wanita tersebut menggambarkan apabila sebuah NPC bernama Nicki menemani seseorang dibalik headset VR (Virtual Reality) mengelilingi kota dan mengajak bicara. Video ini menuai berbagai pandangan baik secara positif maupun negatif.

Ada yang mengatakan apabila ada NPC tersebut secara nyata, akan mengubah dunia bagi seseorang yang kesuiltan bersosialisasi. Ada pula yang mengatakan bahwa hal tersebut tidak baik dan hanya akan mengganggu hubungan manusia dengan sesama. Namun, terlepas dari pandangan-pandangan tersebut, kita akan membahas lebih fokus mengenai NPC dan hubungannya dengan Metaverse. Yuk, mari simak!

Tentang NPC

Bagi seorang pecinta game, pasti tidak asing lagi dengan istilah NPC. Dikutip dari Shorooq (2022), NPC atau (Non-Player Character's) adalah sebuah karakter yang dikendalikan oleh komputer dalam game. Secara umum, NPC dalam game menjadi musuh umum yang tidak terlalu sulit untuk dihilangkan dan jarang berinteraksi.

Namun, seiring berkembangnya dunia game, berkembang pula karakter NPC menjadi sesuatu yang lebih dapat dipercaya dan lebih hidup. Mereka akan menjadi tidak bisa dibedakan dari manusia sesunguhnya. Ini adalah perkembangan yang unik dan menarik untuk video game dan akan mengubah cara seseorang berinteraksi dengan NPC.

Ketika membicarakan tentang NPC, hal ini tidak terlepas dari Artificial Intelegence (AI). AI atau kecerdasan buatan adalah sebuah konsep yang memodelkan pemikiran manusia ke dalam sebuah karakter, khususnya karakter dalam game. AI mengendalikan pola perilaku atau tindakan yang dilakukan oleh karakter untuk melakukan beberapa pekerjaan.

Dalam NPC sendiri, dilansir dari Shorooq (2022), menggunakan konsep yang sama dengan menggabungkan kepintaran AI dalam NPC. Interaksi bermodalkan AI melalui NPC akan menciptakan pengalaman bermain game yang lebih mendalam dan nyata bagi pemain, karena NPC akan dapat berpikir sendiri, berperilaku, dan bereaksi seperti orang sesungguhnya. NPC yang sudah mengalami perkembangan akan memiliki pola pikir dan kepintaran tersendiri yang akan membantu seseorang menyelesaikan sebuah tugas atau kegiatan. 

Baca juga: Alasan Mengapa Game yang Berisi Microtransactions Sangat Marak Ditemui!

Begitu pula konsep yang digunakan dalam video yang beredar tersebut. Berdasarkan pernyataan dari David Chalmer, Profesor technophilosopher di New York University dalam situs PC Gamer (2022), suatu saat AI NPC akan dapat menjadi nyata sesungguhnya.

Keberadaan NPC akan dapat menggantikan keberadaan fisik seseorang secara nyata di dunia virtual. Interaksi dengan AI NPC dapat dianggap sama bermaknanya dengan interaksi dengan makhluk fisik secara utuh.

Pemahaman ini bergantung dari sudut pandang seseorang memahami interaksi dan kehadiran seseorang apakah perlu membutuhkan wujud secara nyata atau tidak. Adegan statis atau terpaku ke daerah di mana karakter berinteraksi dengan lingkungan dan perluasan para pemain akan menjadi semakin menyenangkan dan interaktif. Jika konsep ini ditanggapi dengan baik, penambahan NPC perlu diperluas lebih masif dan dapat digunakan dalam dunia metaverse. 

Fenomena metaverse dan NPC akan terus mengalami perkembangan dan perubahan. Sebagai seorang manusia yang juga terusberubah, mengikuti perkembangan teknologi akan menjadi salah satu wadah pengembangan diri.

Inovasi baru ini akan menjadi sebuah solusi atau permasalahan baru ke depannya. Kemudahan yang diberikan oleh NPC akan dapat membantu interaksi dan hubungan seseorang secara virtual. Sebagai seseorang yang sadar teknologi, fenomena-fenomena yang unik dan baru akan terus bermunculan dan ditanggapi dengan pikiran yang terbuka.

Baca juga: Viral! Robot Catur Patahkan Jari Bocah 7 Tahun Saat Bertanding

Setelah mengetahui informasi tentang NPC dan hubungannya dengan metaverse, apakah kamu tertarik untuk merasakan pengalaman baru yang ditawarkan oleh NPC? 

(LA)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar