Buntut Penipuan, Instagram Akan Hapus Add Yours Data Pribadi

Teknologi.id . November 24, 2021


Foto: Twitter


Teknologi.id - Setelah beberapa hari ini viral kasus penipuan yang memanfaatkan challenge Instagram menggunakan fitur 'Add Yours', kini pihak Instagram akan menghapus konten yang membagikan dan mengumpulkan informasi identitas pribadi yang bermunculan menggunakan stiker Add Yours di Instagram Stories.

Hal itu diungkapkan oleh perwakilan Meta Indonesia, yang mengatakan akan menghapus sederet informasi pribadi yang menyebabkan kerugian fisik hingga kerugian keuangan, tempat tinggal dan medis.

"Kami akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi atau informasi pribadi lainnya yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan, seperti informasi keuangan, tempat tinggal dan medis, serta informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal," ujar Meta Indonesia dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (24/11).

Pihak Meta juga bakal melarang pengguna memposting informasi pribadi atau bersifat rahasia, baik tentang diri mereka sendiri maupun orang lain. Bagi mereka, privasi dan keamanan informasi data pribadi pengguna merupakan hal fundamental yang sangat penting bagi Instagram.

Baca juga: Waspada Bahaya Challenge 'Add Yours' IG, Sudah Ada Korban!

Sebagaimana diketahui, beberapa hari ini sebagian pengguna Instagram mengeluhkan bahwa fitur Add Yours berpotensi menjadi celah kebocoran data hingga menjadi modus operandi di jagat maya.

Fitur Add Yours merupakan tools terbaru yang bisa digunakan untuk saling berbalas pesan lewat postingan Instagram Story.  Belakangan, tren kuis atau challenge yang menggunakan fitur tersebut ramai diikuti oleh para pengguna.

Berawal dari tren challenge tersebut, Dita Moechtar, pemilik akun Twitter @ditamoechtar membeberkan bahwa rekannya baru saja menjadi korban kejahatan.

Dita menjelaskan bahwa rekannya diminta sejumlah uang untuk ditransfer kepada seseorang yang mengaku sebagai kenalannya. Rekannya tersebut percaya lantaran penipu memanggilnya dengan nama panggilan akrab yang tidak sembarang orang mengetahuinya.

Nama panggilan akrab tersebut diduga diketahui oleh si penipu ketika korban mengikuti challenge Add Yours di Instagram.

Baca juga: 100 Password yang Sering Dipakai Orang RI, Ada 'sayangkamu'

Sementara itu, pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya mengatakan bahwa fitur Add Yours bukan menjadi akar masalah dalam modus kejahatan.

Ia menyebut penyebab terjadinya kejahatan rekayasa sosial tersebut dikarenakan kecerobohan pengguna yang secara tidak sadar telah membagikan informasi yang bersifat rahasia, lewat kuis atau fitur tambahan seperti contohnya Add Yours.

Alfons pun menyarankan kepada seluruh netizen agar lebih waspada dalam bermedia sosial dan menghindari untuk membagikan data pribadi yang bersifat sensitif sehingga tidak disalahgunakan.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler