Waspada Bahaya Challenge 'Add Yours' IG, Sudah Ada Korban!

Teknologi.id . November 23, 2021
add yours instagram
Foto: Twitter


Teknologi.id - Fitur baru di aplikasi berbagi foto dan video Instagram yang bernama 'Add Yours'  beberapa waktu belakangan ini cukup populer dan seringkali terlihat menghiasi unggahan Story para pengguna.

Add Yours merupakan fitur yang menyediakan stiker balasan untuk berinteraksi dengan teman lainnya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih topik yang disediakan Instagram atau membuat sendiri topik untuk bahan berbagi.

Namun, di balik kepopuleran fitur Add Yours tersebut, rupanya menyimpan potensi penyalahgunaan dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Baru-baru ini terungkap bahwa challenge Instagram dengan fitur Add Yours menjadi modus terbaru untuk melakukan penipuan.

Dita Moechtar, pegiat media sosial dengan nama akun Twitter @ditamoechtar mencuitkan pengalaman temannya yang menjadi korban penipuan setelah melakukan challenge Instagram dengan fitur Add Yours.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Pesan Mirip Instagram, Apa itu?

Dita mengungkap, dirinya ditelepon oleh seorang temannya dalam keadaan menangis karena baru saja menjadi korban kasus penipuan yang meminta transfer uang.

"Pagi tadi teman saya telepon, nangis-nangis habis ditipu katanya. Biasalah, penipu yang telepon minta transfer gitu," cuit Dita, Selasa (23/11/2021).

Ternyata, sang teman langsung percaya dan mentransfer sejumlah uang karena penipu memanggilnya dengan nama Pim. Padahal, panggilan nama Pim hanya diketahui oleh orang terdekatnya saja.

Karena itu, saat penipu memanggil dengan nama Pim, sang korban langsung percaya. Ia juga tidak ragu untuk mengirimkan sejumlah uang karena mengira penipu itu teman dekatnya.

Baca juga: Pakai Fitur Instagram Ini Biar Bisnismu Lebih Berbeda!

Usut punya usut, penipu ternyata mendapatkan panggilan Pim tersebut setelah melihat Instagram Stories dari teman Dita yang menjadi korban tersebut.

Dita menjelaskan, temannya memang baru saja mengikuti challenge Instagram Add Yours "Variasi Panggilan Nama Kamu", di mana sang teman mengungkap beragam nama panggilannya, termasuk Pim.

Siapa sangka, tantangan untuk mengungkap berbagai nama panggilan pribadi itu justru dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Dita pun berpesan kepada pengguna media sosial agar belajar dari kasus tersebut. Ia juga mengingatkan warganet agar lebih bijak dan waspada dalam mengikuti challenge Add Yours.

Baca juga: Cara Mengetahui Stalker di Instagram Tanpa Aplikasi

Warganet juga membanjiri kolom komentar kasus ini dengan beragam pendapat. Berikut reaksi warganet:

(dwk)




author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler