Foto: Wallpaper Cave
Teknologi.id – Segmentasi pasar merupakan salah
satu strategi pemasaran yang biasa digunakan oleh pemilik usaha dalam menumbuhkan
market share atau pangsa pasar. Segmentasi pasar dilakukan dengan cara mengelompokan
pelanggan dalam berbagai kelompok pasar.
Menurut Philip Kotler, seorang professor
pemasaran asal Amerik Serikat, terdapat 3 subkultur digital yang paling
berpengaruh di era digital. 3 segmentasi pasar tersebut adalah Youth, Women, dan
Netizen yang ia singkat menjadi YWN.
Anak Muda untuk Mind Share
Foto: Unsplash
Anak muda adalah segmen pasar yang
sangat potensial. Selain karena jumlah yang besar, mereka adalah penganjur yang
sangat diikuti suaranya oleh orang disekitarnya.
Perlu kita ketahui bersama bahwa anak
muda atau yang selama ini kita kenal sebagai milenials adalah orang yang suka
dengan eksperimen. Mereka suka mencoba hal-hal baru yang selama ini dianggap
terlalu beresiko oleh golongan orang dewasa.
Itu artinya, tren peluncuran produk
dalam versi beta sangat membutuhkan peran anak muda yang pada basic-nya memang
suka mencoba dan memberikan saran perbaikan.
Selain itu anak muda adalah
trendsetter. Mereka selalu mengikuti apa saja hal baru yang saat itu menjadi
tren. Senang mencoba hal baru, dan selalu mengikuti tren terbaru membuat
suaranya selalu diperhitungkan oleh kalangan lainnya.
Pada akhirnya, kaum muda lah yang akan menjadi pengubah permainan.. Berani melakukan hal baru, terkenal objektif, peduli dengan apa yang terjadi disekitar, dan sangat vokal pada akhirnya berujung pada kesimpulan, anak muda adalah kunci mind share. Anak muda merupakan target yang sangat tepat jika kamu ingin mempengaruhi pikiran pelanggan dalam segmen umum.
Baca juga: 5 Alasan Digital Marketing Sangat Penting untuk Perusahaan
Perempuan untuk Market Share
Foto: Wallpaper Flare
Perempuan juga menjadi salah satu
segmen pasar paling berpengaruh di era digital. Selain karena jumlahnya yang
besar, philip kotler juga menjelaskan bahwa profil wanita sebagai segmen pasar
sangat istimewa. Jika dibagi dalam beberapa sub segmen, perempuan dapat dibagi
menjadi 3 segemen. Yakni perempuan rumah tangga, ibu rumah tangga yang ingin
bekerja, dan juga juga wanita karier. Jika kita kerucutkan, dunia wanita berada
di lingkaran keluarga dan pekerjaan.
Perlu kita ketahui bahwa perempuan
adalah seorang yang suka mengmpulkan informasi, hal ini bisa kita lihat dari
aktivitas perempuan ketika berada di mall dalam membeli produk. Mereka cenderung
akan pergi dari gerai satu ke gerai lainnya, lalu kembali ke titik sebelumnya.
Sifat ini sangat kontras dengan pria yang segalanya ingin cepat selesai.
Suka mengumpulkan informasi dan
berbagi, memiliki pengaruh yang kuat di rumah dan tempat kerja, membuat wanita
patut untuk menjadi salah satu kadidat kuat untuk diprioritaskan dalam
segmentasi pasar. Jika brand kamu ingin menjadi yang menonjol di segemen utama,
setidaknya brand tersebut harus bisa melewati proses penyaringan keputusan
komprehensif yang biasa dilakukan oleh perempuan.
Netizen untuk Heart Share
Foto: Wallpaper Safari
Pertama, kita harus memiliki
perspektif yang sama terlebih dahulu soal Netizen atau Warganet. Perlu kita
sepakati bersama bahwa tidak semua pengguna internet bisa kita sebut sebagai
netizen.
Sederhannya warganet atau netizen
adalah pengguna internet yang suka berkontribusi. Ciri-cirinya adalah mereka
suka mengumpulkan informasi, pengkritik, ataupun content creator. Mereka tidak
hanya mengonsumsi konten di internet, tapi juga terlibat aktif didalamnya.
Philip Kotler menjelaskan bahwa peran
warganet untuk mempengaruhi orang lain sangat besar. Hal ini karena mereka
selalu memiliki hasrat untuk terhubung dan berkontribusi. Selain itu, warganet
adalah pembela ekspresif yang sangat vokal, dengan berinteraksi secara anonim,
membuat mereka sangat agresif dalam menyampaikan pendapat.
Nah, untuk kamu para pemilik usaha
atau brand, sekarang ini Teknologi.id menghadirkan fitur yang tentunya sangat
bermanfaat untuk bisnis kamu. Jadi, Teknologi.id memfasilitasi kamu untuk dapat
menuliskan tulisan terkait usaha dan brand yang kamu miliki saat ini.
Tulisan tersebut bisa berupa guest
post atau content placement apabila kamu ingin mempromosikan produk dari bisnis
atau brand yang kamu miliki. Menarik bukan?
Berikut merupakan rincian dari rate card
menulis di Teknologi.id.
- 135 USD / article with backlink if the article already written
- 160 USD / article with a backlink if we write the article
- 100 USD for x1 story ad ONLY
Jika tertarik, kamu bisa langsung kontak ke nomor WhatsApp +62 857-2644-8131 (Putri) atau ke alamat email admin@teknologi.id.
(MIM)
Tinggalkan Komentar