Instagram Rilis Fitur Monetisasi Baru! Kini Bisa Endorse Produk di Kolom Komentar

Anita Anggi Anggraeni . February 25, 2025

Foto: Pexels

Teknologi.id - Meta, induk Instagram, menghadirkan fitur monetisasi baru bernama "Testimonials" atau Testimoni, yang memungkinkan kreator mendapatkan uang dengan memberikan ulasan tertulis di kolom komentar.

Dengan fitur ini, kreator bisa menulis testimoni pada postingan feed atau Reels milik suatu merek sebagai bagian dari Partnership Ads, menggantikan cara endorse yang sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui postingan khusus.

Namun, karena berbentuk teks, Meta membatasi jumlah karakter dalam setiap testimoni agar tetap ringkas dan efektif.

Baca juga: DM Instagram Makin Canggih! Ini 5 Fitur Baru yang Sudah Bisa Dicoba

Meta membatasi testimoni kreator di Instagram hingga 125 karakter dan harus relevan dengan kampanye merek atau produk tertentu.

Testimoni tersebut dikirim ke perusahaan mitra sebelum diunggah ke konten yang sesuai, seperti iklan di feed Instagram, di mana komentar kreator akan ditampilkan di bagian atas.

Instagram juga menegaskan bahwa testimoni ini akan diberi label "Bersponsor" untuk menandakan bahwa komentar tersebut merupakan ulasan berbayar. Berikut adalah contoh format testimoni berbayar di Instagram:

Foto: Meta

Meta memungkinkan merek bekerja sama dengan kreator yang memenuhi kriteria kelayakan.

Kesepakatan kerja sama, termasuk nilai dan ketentuannya, dapat dinegosiasikan langsung antara kedua pihak, sementara pembayaran dilakukan di luar aplikasi Instagram, sebagaimana dilansir dari TechCrunch (24/2/2025).

Bagi kreator, mereka dapat memantau testimoni mereka serta program iklan lainnya melalui menu 'Creator Settings' di Instagram. Jika diperlukan, mereka juga bisa melacak atau menghapus testimoni yang telah dipublikasikan.

Update lain dari Instagram

Selain menghadirkan format iklan baru, Instagram juga memperpanjang durasi maksimal Reels menjadi 180 detik (3 menit) sejak Januari 2025.

Saat pertama kali diluncurkan pada 2020, Reels hanya berdurasi 15 detik, lalu bertahap ditambah menjadi 30, 60, 90, dan kini 180 detik.

Pengumuman ini disampaikan Head of Instagram, Adam Mosseri (@mosseri) di akun resminya. Ia menjelaskan alasan perpanjangan durasi tersebut.

"Banyak pengguna dan kreator konten yang mengeluh bahwa 90 detik terlalu pendek, sehingga ini yang menjadi alasan kami untuk meningkatkan durasi video Reels menjadi 180 detik," ujar Mosseri.

"Kami harap dengan langkah ini, mereka bisa memasukkan lebih banyak cerita ke dalam satu konten Instagram Reels, sesuai dengan apa yang mereka mau," tambahnya.

Terlebih lagi, keputusan ini juga diambil sebelum rencana pemblokiran TikTok di AS pada 19 Januari 2025.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(AAA)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar