4 "Investasi" Penting yang Harus Dimiliki Fresh Graduate

Stefanie Tanaki . February 17, 2021

Foto: The Wall Street Journal

Teknologi.id - Setelah lulus dari bangku kuliah, pasti banyak orang yang ingin langsung terjun ke dunia kerja. Memiliki pekerjaan yang bagus pasti menjadi incaran setiap fresh graduate. Tidak ada yang salah dari mengincar pekerjaan bagus, asalkan kamu sebagai fresh graduate juga memiliki "investasi" yang dapat kamu gunakan agar perusahaan melirikmu. 

Terkait hal tersebut, "investasi" yang dimaksudkan bukanlah investasi saham yang sedang ramai diperbincangkan, namun "investasi" kelebihan di dalam dirimu sebagai fresh graduate agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang bagus. Apa saja "investasi" tersebut? Berikut 4 "investasi" penting yang harus dimiliki oleh fresh graduate.

1. Ilmu Pengetahuan

Foto: Stoodnt

Sebagai seorang fresh graduate yang baru saja lulus dari bangku kuliah, tentunya kamu harus memiliki ilmu pengetahuan yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu incar. Tidak hanya memilikinya, kamu juga harus dapat menerapkannya. Ilmu pengetahuan tidak hanya didapatkan dari perkuliahan, namun juga bisa didapatkan dari tempat lain seperti mengikuti seminar atau webinar, workshop maupun kelas offline atau online tambahan yang sesuai dengan minatmu. 

Oleh karena itu, untuk kamu yang masih di bangku kuliah, jangan hanya fokus pada mata kuliah saja. Perluas ilmu pengetahuanmu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat yang telah disebutkan. Untuk kamu yang sudah lulus, belum terlambat kok untuk belajar lebih lanjut. Kamu juga tetap bisa memperluas ilmu pengetahuanmu. Di masa pandemi saat ini, banyak webinar atau kelas online yang diadakan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. 

2. Pengalaman Kerja

Foto: Daimler

Agar kamu lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus, kamu harus memiliki pengalaman. Karena baru fresh graduate, banyak dari kamu yang tentunya merasa tidak memiliki pengalaman. Namun, jangan salah, pengalaman berorganisasi, magang atau kegiatan lainnya yang terkait juga dapat dimasukan sebagai pengalaman kerja fresh graduate, lho. 

Oleh karena itu, untuk kamu yang masih di bangku kuliah, segera perbanyak kegiatan berorganisasi, magang atau kegiatan lainnya yang bermanfaat. Agar saat lulus nanti, kamu telah mempunyai pengalaman kerja yang dapat menjadi kelebihanmu.

Baca juga: Peneliti Gunakan AI untuk Identifikasi Obat COVID-19

3. Perluas Koneksi

Foto: ListsBuzz

Manusia pada dasarnya merupakan mahluk sosial yang mau tidak mau harus hidup berdampingan dengan manusia lain. Bagi kamu yang baru lulus, mempunyai koneksi yang luas akan menjadi "aset" yang berharga. Selain mempunyai banyak teman, koneksi yang kamu miliki dapat dijadikan tempat untuk bertukar informasi, ilmu pengetahuan, tips memenangkan hati para interviewer, dan lain sebagainya. 

Contohnya, A merupakan karyawan di suatu perusahaan. Kemudian perusahaan tersebut membutuhkan karyawan baru untuk mengisi posisi tertentu. Karena si A mengenal dan mengetahui bahwa kamu cocok untuk menempati posisi itu, bisa jadi si A akan menawarkan lowongan pekerjaan tersebut. 

Oleh karena itu, carilah relasi dan koneksi yang positif sebanyak-banyaknya. Karena kita tidak akan tahu apa yang terjadi kedepan. Bisa jadi, koneksi mu lah yang membantu kamu meraih karir yang lebih baik kedepannya. 

4. Mentor

Foto: Training Industry

Terakhir, para fresh graduate disarankan memiliki mentor dan mengikuti sesi mentoring. Hal ini disebabkan karena terkadang banyak fresh graduate yang masih belum mengetahui ingin berkarir di bidang apa. Oleh karena itu, kehadiran sosok mentor sangat diperlukan.

Dengan adanya mentor, kamu bisa mendapatkan kombinasi antara pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki mentor melalui saran-sarannya yang bijak. Kamu bisa mendiskusikan terkait karir dan pekerjaamu dengan mentor.

Biasanya, mentor merupakan seseorang yang berhasil dan sukses dalam suatu bidang. Selain mendapat pengetahuan dan pengalaman, kamu juga bisa mendapatkan koneksi baru.

Baca juga: Rahasia Sukses Elon Musk dalam Membangun Startup

Itu dia 4 "investasi" penting yang harus dimiliki kamu sebagai fresh graduate. Nah, buat kamu yang ingin menambah ilmu pengetahuan, memperluas koneksi serta menambah pengalaman, kamu bisa menonton podcast Talking Tech oleh Teknologi.id melalui YouTube channel Teknologi Indonesia. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti kelas premium yang diadakan oleh Teknologi.id, lho! Saat ini, Teknologi.id menyediakan beberapa sesi mentoring melalui kelas premium di bidang e-Sport, Product Manager, Product Design. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan cek ke Instagram resmi Teknologi.id @teknologi_id, ya! Kami tunggu kehadiranmu.

(st)


teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler