Tawarkan Robo-Advisory, Halofina Ingin Mudahkan Para Millennial dalam Rencanakan Keuangan

Teknologi.id . January 07, 2020

Halofina

Foto: Dok. Halofina


Teknologi.id - Baru-baru ini banyak bermunculan istilah robo-advisory, teknologi yang muncul pertama kali di Amerika ini kini sudah banyak diperkenalkan oleh beberapa startup fintech (financial technology) di Indonesia. Sebenarnya apa itu robo-advisory dan bagaimana teknologi tersebut bisa menjadi solusi bagi millennial dalam merencanakan keuangan?

Mengenal Robo-advisory

Robo-advisory merupakan sebuah teknologi yang dapat memberikan pelayanan jasa perencanaan keuangan & manajemen investasi kepada pengguna secara otomatis.

Robo-advisory memiliki sistem algoritma matematis yang akan bekerja sesuai dengan beberapa informasi yang disediakan oleh pengguna itu sendiri, diantaranya profil risiko, kondisi keuangan, hingga tujuan keuangan (financial goals) yang ingin dicapai. Dengan demikian, meskipun minim interaksi manusia, melalui teknologi tersebut setiap pengguna akan mendapatkan rekomendasi dan solusi yang berbeda.

Ilustrasi milestone robo-advisory. Foto: Dok. Halofina


Tentang Halofina

Halofina merupakan salah satu startup fintech (financial technology) asal Indonesia yang memperkenalkan robo-advisory. Sebagai Digital Financial Advisor & Wealth Management Apps yang menawarkan jasa perencanaan keuangan dan manajemen investasi kepada penggunanya.

Di tahun 2017, Halofina memulai langkahnya sebagai perusahaan perintis di bidang teknologi keuangan yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui literasi keuangan. 

“Halofina merupakan perwujudan dari tugas akhir yang sempat saya ambil ketika mengejar gelar Master di University of Southern California. Diawali dengan memberikan literasi keuangan, baik secara online maupun offline, pada akhirnya di tahun 2018, saya dan tim mulai mendalami dunia fintech yang berfokus pada Personal Finance Management (PFM) untuk menaikkan tingkat inklusi keuangan juga. Harapannya implementasi ini dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia”, ujar Adjie Wicaksana, Co-Founder dan CEO Halofina. 

Tiga fitur utama

Adjie Wicaksana selaku CEO & Co-Founder Halofina menambahkan bahwa platform ini memiliki tiga fitur utama dalam membantu pengguna untuk mengelola keuangan pribadi sekaligus membangun strategi investasi.

Pertama, fitur Life Plan untuk membantu membangun perencanaan keuangan dan strategi investasi. Kedua, rekomendasi strategi investasi merupakan rekomendasi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang membantu pengguna membangun portofolio. Ketiga, Halofina Dashboard merupakan fitur yang dapat digunakan pengguna untuk memantau performa investasi secara real-time.

“Ada pula Finapedia yang merupakan on-demand financial online education. Ini memungkinkan pengguna untuk mempelajari berbagai materi tentang pengelolaan keuangan langsung dari pakarnya,” tambahnya. Halofina hingga Desember 2019 telah memiliki 18.600 pengguna yang terdaftar.

Hingga kini Halofina telah berhasil menciptakan 54.000 life plan penggunanya, di mana didominasi oleh rencana Pendidikan, disusul rencana pensiun, pernikahan, property, kendaraan dan sisanya lain-lain.

Seiring perkembangan teknologi baru, robo advisor memiliki peluang lebih besar untuk meningkatkan efisiensi, biaya, dan efektivitas penawaran wealth management. Halofina sebagai Goal-Based-Investment hadir sebagai inovasi untuk para milenial yang mencari alternatif penasihat keuangan yang lebih ramah dan sistem yang mudah digunakan dengan menyederhanakan semua hal yang rumit dan tracking laporan investasi secara real time. 

Tertarik menggunakan jasa Halofina untuk mengelola keuangan pribadi? Untuk lebih jelas, Kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini https://halofina.id/.

(dwk)

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar