Tak Perlu AC, Cat Khusus Ini Bisa Dinginkan Ruangan

Rima Fidayani Rizki . November 08, 2020

Foto: Purdue University

Teknologi.id - Cuaca panas seringkali membuat kita ingin mendinginkan badan dengan bantuan air conditioner (AC). Namun, penggunaan AC terkadang membuat tagihan listrik membengkak. 

Baca Juga: Virgin Hyperloop Lakukan Uji Coba Penumpang Pertama

Sepertinya, kini solusi untuk tetap merasa dingin tanpa disertai kenaikan tagihan listrik akan segera hadir. Peneliti di Purdue University mengembangkan sebuah inovasi unik berupa cat khusus yang diklaim mampu mengurangi suhu di permukaan.

Cat khusus dengan warna putih ini kabarnya bisa menurunkan suhu di permukaan hingga lebih rendah 18 derajat Fahrenheit dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya. 

Cara kerja cat ini menyerupai efek lemari pendingin, tetapi tentu saja tanpa menggunakan energi sama sekali. Artinya, jika dinding ruangan  atau gedung dilapisi dengan cat khusus ini, maka temperatur di ruangan atau permukaan dinding gedung tersebut akan turun. 

Nantinya, penggunaan AC akan berkurang dan memberikan efisiensi listrik yang lebih baik. Tidak hanya itu, cat khusus ini diklaim mampu memantulkan panas ke luar angkasa, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Senin (9/11). Efek yang ditimbulkan cat ini terhadap panas disebut akan membantu mencegah panas terjebak di atmosfer Bumi sehingga mengurangi efek pemanasan global.

Selama bertahun-tahun, telah banyak peneliti yang mencari cara untuk menurunkan suhu, termasuk dengan mengembangkan cat yang dapat memantulkan panas. Namun, belum ada yang menghasilkan produk yang mampu membelokkan cukup banyak sinar matahari untuk membuat suhu bangunan jadi lebih rendah dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya.

Cat khusus yang diklaim memiliki sifat pendinginan yang kuat hasil pengembangan para peneliti di Purdue University ini menjadi sebuah terobosan baru.

"Dalam satu percobaan di mana kami meletakkan permukaan yang dicat di bawah sinar matahari langsung, permukaan tersebut mendingin 1,7 derajat Celcius di bawah suhu lingkungan. Pada malam hari bahkan mendingin hingga 10 derajat Celcius dibanding suhu lingkungan sekitar," ujar Profesor Xiulin Ruan dari Purdue University, sebagaimana dikutip dari BBC.

Xiulin mengatakan, efek pendinginan yang ditimbulkan cat tersebut bersifat signifikan sehingga mampu mengimbangi sebagian besar kebutuhan AC untuk bangunan biasa.

Kalsium karbonat yang ditambahkan peneliti ke dalam cat menjadi kunci dari efek penurunan suhu dari cat tersebut. Mereka juga menemukan, material berkapur berkonsentrasi tinggi yang memiliki ukuran partikelnya berbeda-beda bisa digunakan untuk mengembangkan produk yang mampu memantulkan 95,5 persen cahaya matahari.

"Sinar matahari merupakan spektrum panjang gelombang yang luas. Kami tahu tiap ukuran partikel hanya dapat menyebarkan satu panjang gelombang secara efektif. Kami memutuskan untuk menggunakan ukuran partikel berbeda dan ini adalah penyumbang terpenting," ujar Xiulin..

Tidak hanya bisa dipakai untuk mendinginkan ruangan. Cat ini juga bisa digunakan untuk mendinginkan peralatan telekomunikasi karena bebas dari komponen logam. 

Baca Juga: Seorang Remaja Temukan Perangkat AI untuk Pasien Alzheimer

Para peneliti mengakui jika cat khusus dengan kemampuan menurunkan suhu ini masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut sebelum dapat dikomersialkan. Namun, para peneliti optimis jika akan banyak produsen yang tertarik dengan inovasi mereka. 

(rf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler