Spesifikasi Pesawat Tempur F-18 yang Terbang di Natuna

Fabian Pratama Kusumah . April 08, 2021

Foto: Tempo

Teknologi.id - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (AU) Marsma TNI Indan Gilang mengonfirmasi pesawat tempur asing jenis F-18 Hornet terbang di atas Perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Pesawat asing itu melintas pada Selasa (6/4) tepatnya pukul 16.15 WIB yang berjarak sekitar 169 mil di sebelah barat Kepulauan Natuna.

Indan memastikan bahwa pesawat itu kerap digunakan tentara Amerika Serikat. Pihaknya menyatakan masih  mendalami lebih lanjut  terkait temuan tersebut.

Pesawat F-18 Hornet merupakan pesawat tempur yang didesain dalam dalam segala cuaca di berbagai negara. Pesawat itu dirancang oleh perusahaan Boeing pada 1980-an.

F-18 Hornet menyelesaikan penerbangan pertamanya pada tahun 1978 dan digunakan oleh operasonal Korps Marinir pada tahun 1983, dan Angkatan Laut AS pada tahun 1984.

Baca juga: 10 Pesawat Tempur Termahal di Dunia, Ada Milik Indonesia?

F-18 Hornet kerap menunjukkan kemampuannya sejak awal dioperasikan. Seperti pada penggunaan operasi saat badai dan gurun.

Pesawat tersebut mampu menembak pesawat musuh dan membombardir target yang ada di darat. Dalam mode tempurnya, F-18 digunakan sebagai pengawal pesawat tempur dan sebagai armada pertahanan udara.

Dalam mode serangnya digunakan untuk proyeksi kekuatan dan sebagai dukungan udara jarak dekat.

Dikutip dari CNN Indonesia, F/A 18 seri A dan C merupakan pesawat tempur yang didesain dengan kursi tunggal, sedangkan pada F/A18 B dan D didesain untuk dua kursi pilot.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Baca juga: Lanjutkan Proyek Pesawat Tempur KF-X, Prabowo ke Korsel

Kedua model ini kerap digunakan untuk serangan udara, kontrol udara taktis, dan misi pengintaian.

Dari persenjataan, F-18 Hornet mampu membawa roket 70 mm (2.75 in) Hydra 70 roket dan 5 inci (127 mm) Zuni rockets.

Selain itu juga mampu menembakkan rudal AGM-65 Maverick Standoff Land Attack Missile (SLAM-ER), AGM-88 HARM Anti-radiation missile (ARM), AGM-154 Joint Standoff Weapon (JSOW), dan Taurus missile (Cruise missile).

Tidak hanya itu, F-18 Hornet memiliki banyak alternatif senjata lain seperti misil anti kapal, berbagai macam bom, dan teknologi lain seperti radar Hughes APG-73.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler