Seluruh Desa ini Dibangun dengan Printer Cetak 3D

Fabian Pratama Kusumah . October 14, 2021

Foto: Singularity Hub

Teknologi.idKini, kamu bisa membangun desa dengan sangat cepat dan mudah menggunakan teknologi 3D printing.

Seperti pada suatu desa di Nacajuca, Meksiko yang menggunakan cetak 3D. Bahkan  hasilnya lebih baik daripada rumah yang dibangun untuk keluarga kurang mampu, menurut Design Taxi .

Rumah-rumah itu bukan hanya terlihat indah untuk dilihat tetapi juga mereka sangat tangguh dan kokoh.

Nacajuca dilanda gempa berkekuatan 7,4 setelah rumah-rumah dibangun dan rumah-rumah terlihat masih kokoh berdiri tanpa kerusakan.

Itulah salah satu dari sekian banyak keuntungan dari 3D printing. Teknologi ini dapat membangun struktur bangunan dan juga temboknya hanya dalam waktu 24 jam untuk setiap rumah.

Printer ini sudah didesain untuk membangun rumah digunakan di area yang kekurangan listrik dan juga air.

Dikembangkan oleh perusahaan Icon, mesin cetak 3D raksasa ini bisa dibawa kemana-mana alias portable.

Rumah-rumah itu setinggi satu lantai dan masing-masing berukuran sekitar 500 kaki persegi. Mereka masing-masing memiliki dua kamar tidur, dapur, dan kamar mandi.

Foto: New Story

Baca juga: 2050 Mobil di Indonesia Tidak Akan Gunakan Bensin

Francesco Piazzesi, kepala eksekutif chale, mengatakan kepada  New York Times  bahwa printer futuristik yang digunakan untuk konstruksi ini tampak seperti sesuatu yang keluar dari film RoboCop.

Tetapi yang benar-benar penting adalah bahwa ia melakukan pekerjaan yang sangat bagus untuk membawa perumahan yang stabil dan kokoh ke tempat yang paling dibutuhkan.

Menurut data UN, tahun 2017 terdapat sekitar 150 juta orang di dunia yang tidak memiliki rumah. Selain itu, tahun 2015, terdapat sekitar 1 miliar penduduk dunia yang memiliki tempat tinggal tidak memadai.

Jika percobaan pada desa 3D printed ini berhasil, teknologi ini dapat membantu membangun penampungan bagi penduduk yang membutuhkan.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler