SAFR Memasyarakatkan Face Recognition di Indonesia

Kemala Putri . December 14, 2018
Teknologi.id - Tidak hanya di area jalan maupun gedung perkantoran, teknologi face recognition di Indonesia kini mulai merambah sekolah hingga rumah. Adalah RealNetwork Inc, perusahaan asal Amerika Serikat ini membawa platform Secure, Accurate Facial Recognition (SAFR) ke Indonesia. Platform ini dapat digunakan pengelola gedung pusat perbelanjaan bahkan rumah modern untuk memberikan rasa aman bagi para pengunjung maupun penghuninya. "Sekolah-sekolah di AS pun belakangan ini sudah mulai menggunakan SAFR sebagai akses memasuki area sekolah. Perangkat ini mampu mendeteksi dan mengidentifikasi banyak wajah secara bersamaan, dan mengirimkan hasil analisisnya secara realtime sebagai akses masuk ke area terbatas," kata Noriaki Takamura, Vice President Asia Pacific (APAC) Sales & Business Development RealNetworks di Jakarta. Sementara itu, Ria Tanusendjaja, Senior Director RealNetworks Indonesia menjelaskan, SAFR menggabungkan fungsi dari RealPlayer dan RealTimes yang sudah dikenal masyarakat sebelumnya. SAFR bisa melakukan deteksi dan identifikasi wajah. Selain itu, bisa estimasi gender, umur hingga sentimen.

SAFR bersifat fleksibel dan expandable. Kredit: RealNetworks
SAFR bersifat fleksibel dan expandable karena bisa dioperasikan menggunakan iOS, Linux, dan Windows. Mulai Januari 2019, SAFR juga bisa dioperasikan menggunakan perangkat berbasis Android. Selain bisa membatasi akses masuk orang-orang tidak dikenal ke dalam gedung perkantoran, hunian, dan area privat lainnya, SAFR juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak kegiatan pemasaran dan penjualan suatu perusahaan. SAFR dapat difungsikan sebagai alat verifikasi transaksi oleh perusahaan marketplace ketika konsumennya melakukan pembelian, atau digunakan maskapai penerbangan untuk mempermudah dan mempercepat proses check-in para penumpangnya ketika tiba di bandara. "Pemilik ritel premium dan restoran misalnya, bisa merekomendasikan kepada customer suatu produk atau makanan yang terakhir kali dipesannya di toko mereka. Hal ini tentu akan meningkatkan relationship dan mendorong mereka untuk menjadi customer loyal," kata Ria. (DWK)
author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar