Produk Baru Sikat Gigi Oral-B Dilengkapi Kecerdasan Buatan

Teknologi.id . January 07, 2020

Oral-B iO. Foto: Engadget

Teknologi.id - Perusahaan sikat gigi terkemuka, Oral-B memperkenalkan produk terbarunya berupa sikat gigi berteknologi kecerdasan buatan di ajang CES 2020.

Produk sikat gigi baru bernama iO tersebut menjadi langkah Oral-B dalam memanfaatkan teknologi terbaru untuk menunjang produk mereka, setelah sebelumnya telah berkecimpung dalam sikat gigi elektrik yang juga telah terkoneksi dengan aplikasi smartphone dan bluetooth.

Sikat gigi iO merupakan hasil penelitian dan pengembangan tim R&D Oral-B selama enam tahun, serta masukan dari lebih dari 1.800 pengguna.

Baca juga: Kalahkan Dokter, AI Google Lebih Akurat dalam Mendeteksi Kanker Payudara

Beberapa inovasi baru dihadirkan pada sikat gigi iO, diantaranya kepala sikat gigi yang menggunakan teknologi gerakan berosilasi dan berputar, disertai dengan getaran halus, menjanjikan kemampuan membersihkan gigi lebih baik di seluruh bagian gigi.

Selain itu, sikat gigi ini juga dibekali sensor tekanan baru dengan kemampuan untuk menganalisis kekuatan yang pengguna perlukan saat menyikat gigi, serta menyediakan umpan balik untuk membantu pengguna membersihkan gigi mereka dengan kekuatan optimal yang diklaim penting bagi kesehatan gusi.

Foto: The Verge

Tak hanya pada sikat gigi, aplikasi iO untuk smartphone pun dibekali teknologi kecerdasan buatan yang berkemampuan melacak dan melatih perangkat secara langsung.

Pelatihan ini dilakukan dengan memanfaatkan informasi yang dihimpun setiap kali pengguna menyikat gigi dengan perangkat ini. Selain itu, iO juga berbekal layar terintegrasi yang menyediakan umpan balik selama pengguna menyikat gigi.

Baca juga: Temi, si Robot Pintar yang Dapat Berinteraksi dan Mengikuti Pemiliknya

Ada tujuh mode penyikatan berbeda yang dapat dipilih pengguna pada layar terintegrasi. Meskipun begitu, belum ada informasi detail terkait perbedaan masing-masing mode tersebut.

Uji klinis yang dilakukan Oral-B mengklaim dengan penggunaan iO kesehatan gusi pengguna mencapai 100 persen lebih baik setelah satu minggu pemakaian. Plak-plak di garis gusi pun dapat dibersihkan hingga enam kali lebih baik jika dibandingkan dengan sikat gigi lain. 

Meski sudah diperkenalkan di ajang CES 2020, namun diberitakan sikat gigi ini baru akan tersedia di pasaran pada bulan Agutus 2020 nanti.

(dwk)

author
1 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar