MIT Kembangkan “RFocus”, Permukaan Pintar untuk Tingkatkan Sinyal Wi-Fi Hingga 10x Lipat

Teknologi.id . February 04, 2020

Sinyal Wi-Fi

Foto: Jason Dorfman, MIT CSAIL via Engadget

Teknologi.id - Para peneliti di MIT CSAIL baru-baru ini telah mengembangkan “RFocus”, sebuah permukaan pintar (smart surface) yang mampu meningkatkan sinyal Wi-Fi.

RFocus berfungsi layaknya cermin atau lensa untuk memfokuskan sinyal Wi-Fi ke perangkat yang dikehendaki. RFocus diklaim mampu meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi mencapai hampir 10 kali lipat.

Baca juga: Awas! Kaspersky Temukan Malware Berbahaya Berbentuk Informasi Virus Corona

Prototipe RFocus memiliki sekitar 3.000 antena kecil dengan software yang mengaturnya agar mampu memaksimalkan penerimaan. 

Dengan kata lain, bila biasanya endpoint radio yang bertugas sebagai pusat pengontrol beamforming, disini RFocus lah yang memegang tugas tersebut.

Bila dibandingkan sistem konvensional, RFocus akan memakan biaya yang relatif murah, karena sekumpulan perangkat tersebut hanya dihargai beberapa sen saja per antena.

Baca juga: Teleskop Canggih Berhasil Tangkap Gambar Paling Detail dari Permukaan Matahari

Begitupun dengan daya yang dikonsumsi, RFocus juga akan mengkonsumsi daya yang kecil bila dibandingkan dengan sistem konvensional.

Meskipun begitu, belum diketahui kapan RFocus akan segera diluncurkan ke pasaran. Saat ini tim peneliti sedang memikirkan bagaimana cara untuk memproduksinya dalam skala besar dan juga menyempurnakan desainnya.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar