Teleskop Canggih Berhasil Tangkap Gambar Paling Detail dari Permukaan Matahari

Teknologi.id . February 03, 2020

Permukaan Matahari

Foto: NSO/AURA/NSF via SciTechDaily


Teknologi.id - Teleskop canggih, Daniel K Inouye Solar Telescope (DKIST) yang berlokasi di Haleakala Observatory, Hawai belum lama ini berhasil berhasil menangkap gambar paling detail dari permukaan Matahari. 

Gambar tersebut menampilkan foto jarak dekat permukaan Matahari yang terdiri dari plasma-plasma serupa struktur sel. Sel-sel tersebut merupakan indikasi pergerakan yang mengantarkan panas dari pusat Matahari sampai ke permukaannya.

Baca juga: China Mulai Siapkan Jaringan 6G, Kecepatannya Tembus 1 Tera per Detik!

Dilansir dari laman Universe Today, Senin (3/2/2020), gambar permukaan Matahari ini berguna bagi astronom untuk memperkirakan perubahan-perubahan drastis pada cuaca di luar angkasa.

“Kami sekarang bisa merilis gambar dan video ini, yang merupakan gambar paling detail dari matahari sampai hari ini. Inouye Solar Telescope milik NSF nantinya akan bisa memetakan peta magnetik di permukaan Matahari, di mana erupsi kecil saja bisa berdampak pada kehidupan Bumi,” tutur Director National Science Foundation (NSF), France Cordova.

Teleskop ini digunakan untuk mempelajari tentang Matahari lebih dalam. Khususnya agar para ilmuwan bisa lebih akurat dalam memprediksi cuaca antariksa yang berasal dari Matahari.

Emisi besar dari Matahari diketahui dapat merusak satelit, membahayakan astronaut dan mengganggu komunikasi. Nah, gangguan bisa diminimalisir jika prakiraan terjadinya lebih akurat.

Baca juga: Layaknya Manusia, Robot Berbentuk Jari Ini Bisa Mengeluarkan Keringat

Matt Mountain selaku President of Association of Universities for Research in Astronomy mengatakan bahwa sejauh ini manusia baru bisa memprediksikan cuaca di Bumi.

“Apa yang kita butuhkan adalah rumus fisika tentang cuaca di luar angkasa, dan ini dimulai dari Matahari. Inouye Solar Telescope akan mempelajari hal ini selama satu dekade mendatang,” tuturnya.

Memetakan dan menghitung daya magnetik Matahari dianggap penting untuk mengetahui aktivitas yang kiranya akan membahayakan bagi kehidupan Bumi dan luar angkasa.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar