Memilih Nama Domain yang Baik untuk Sekolah

Muhammad Mufid Luthfi . October 19, 2020

Pendidikan di Indonesia saat ini banyak mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Banyak faktor yang membuat pendidikan Indonesia berkembang salah satunya adalah kemajuan teknologi. Selain itu adanya pandemi virus corona yang melanda dunia menjadikan kegiatan belajar mengajar di sekolah sementara dihentikan sehingga pembelajaran yang ada harus menggunakan sistem daring (online) sehingga semua tugas serta materi pembelajaran disampaikan secara online.

Pihak sekolah mau tidak mau harus menyiapkan perlengkapan kebutuhan belajar mengajar untuk tempat berinteraksinya guru dan murid. Wadah yang bisa digunakan untuk sistem pembelajaran online ini salah satunya adalah website. Dimana website ini bisa diakses oleh guru dan murid dengan dalam memberikan materi dan tugas.

Kegunaan website untuk sekolah juga bermacam-macam seperti kegiatan promosi, publikasi acara sekolah, pendaftaran peserta didik baru, menunjukkan profil sekolah, dll. Namun sebelum membuat website untuk sekolah ada beberapa cara yang perlu dilakukan antara lain adalah memilih nama domain yang tepa dan memilih domain untuk website sekolah ini tidak boleh sembarangan. Berikut cara memilih domain sekolah dengan tepat dibawah ini.

Tips Memilih Domain Untuk Sekolah


Untuk memiliki website pribadi, sekolah tentunya harus memiliki domain sebagai alamat website. Memilih nama domain untuk sekolah tidak boleh sembarangan. Berikut tips yang bisa dicoba:

  • Menggunakan Ekstensi (.sch.id)
    Website sekolah haruslah memiliki nama domain dengan ekstensi .sch.id karena itu merupakan salah satu identitas bahwa website tersebut adalah website milik institusi pendidikan. Walaupun ada website sekolah yang tidak menggunakan ekstensi domain tersebut tetapi alangkah baiknya untuk mengikuti anjuran yang ada.


  • Tidak Menggunakan Domain Gratis
    Maksud dari domain gratis ini adalah domain yang disediakan secara gratis tetapi dengan kualitas yang rendah. Contoh dari ekstensi domain gratis ini adalah .TK, .GA, .ML, dll dan jika digunakan untuk keperluan resmi sebaiknya jangan menggunakan domain yang gratis karena tentu ada keterbatasannya.


  • Menunjukkan Nama Sekolah
    Hal yang paling penting dalam pembuatan domain untuk website sekolah adalah mengandung unsur nama sekolah agar orang yang akan mengunjungi website sekolah tidak kesusahan mengetik dan mencarinya. Hindari kata-kata yang terlalu panjang agar domain mudah diingat serta usahakan hanya terdiri dari 1 atau 2 kata yang menjadi satu kalimat. Contoh domain sekolah yang baik adalah sman8yogya(dot)sch.id .

Nama Domain Murah Indonesia


IDCloudhost merupakan salah satu Web Hosting Provider yang menyediakan layanan Domain Murah dan Domain Terlengkap yang ada di Indonesia. IDCloudHost juga merupakan salah satu Registrar yang terdaftar di PANDI selaku pengelola nama Domain Indonesia sehingga sebagai informasi harga Domain Indonesia akan lebih murah didapatkan di IDcloudhost dibandingkan Provider Hosting Lainnya. Domain sendiri merupakan nama dan identitas yang menggantikan IP dari suatu website sehingga menggunakan karakter untuk bisa mengakses suatu website.

Ibaratnya sebagai alamat rumah dimana kita jika membutuhkan alamat yang pasti untuk ke rumah tersebut. Ada banyak sekali domain yang bisa didapatkan di IDcloudhost baik itu domain tld seperti Domain Com Murah, Domain net Murah, Domain org Murah, Domain info Murah dan lainnya. Selain itu juga domain Indonesia terlengkap dan termurah seperti Domain ID murah, Domain CO.ID Murah untuk perusahaan, Domain OR.ID Murah untuk Organisasi dan Yayasan, sekolah, dll untuk kebutuhan Website dan Aplikasi.

teknologi id bookmark icon
author

Muhammad Mufid Luthfi

IDCloudhost

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler