Liftware, Adalah Sendok yang Takkan Pernah Tumpah

Liftware, Adalah Sendok yang Takkan Pernah TumpahTeknologi.id – Bagi mereka yang menderita penyakit parkinson, mungkin makan termasuk kegiatan yang sulit untuk dilakukan. Tangan mereka akan selalu bergetar saat menyuapkan sesuatu ke mulut mereka, sehingga makanannya pun sering kali berjatuhan. Namun, sebuah perusahaan asal San Francisco telah menciptakan jalan keluarnya untuk masalah ini, yang diberi nama Liftware.

Liftware adalah pegangan penstabil yang dapat digunakan sebagai sendok sup, sendok makan, dan garpu.

Liftware dirancang khusus untuk meningkatkan kehidupan bagi para penderita Tremor Esensial, Parkinson, atau gangguan gerak lainnya. Sendok pintar ini akan membantu menstabilkan tremor (gerak otot ritmis) bagi pengidap parkinson.

Meskipu kamu menggetarkan, membelokan, memiringkan, atau bahkan membalikannya, sendok ini akan tetap berada dalam posisi di mana makanan yang dibawanya tidak akan jatuh. Sehingga, para penderita penyakit tremor dan parkinson pun dapat menyantap makanan dengan lahapnya secara mandiri.

Baca juga: Denqul, Charger Smartphone Darurat Bertenaga Nasi!

Related image

Sendok pintar ini sendiri memiliki komputer embedded yang akan mengambil sinyal gerak yang dideteksi oleh sensor tremor. Kemudian, sendok ini akan melawan getaran dengan cara bergerak ke arah yang sebaliknya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sendok ini bisa mengurangi sampai 70% getar tremor.

Terdapat 2 varian yang disediakan, yakni Steady dan Liftware. Steady level ditujukan bagi mereka yang menderita tremor dengan tingkat keparahan yang lebih rendah. Di mana penderita masih bisa menggenggam sendok dan menghantarkannya ke mulut secara mendiri.

Sedangkan Liftware Level digunakan untuk penderita yang bahkan tidak bisa menggenggam sendok sama sekali. Alat ini mampu membengkokan gagang dengan sendirinya dan menyesuaikan pergerakan sendok dengan posisi mulut.

Baca juga: Aprilli, Kamar Hotel yang Akan Mengantarmu Layaknya Taxi

Liftware ditenagai oleh baterai yang dapat di-charge, dengan daya tahan penggunaan selama 1 jam. Untuk 1 setnya sendok canggih ini dibanderol dengan harga USD 295 atau sekitar 4,2 juta Rupiah.

Namun, itu semua sebanding dengan fungsi yang akan didapatkan. Kini para penderita tremor pun dapat makan bersama keluarga di restoran secara mandiri lagi.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *