Denqul, Charger Smartphone Darurat Bertenaga Nasi!

Walaupun terlihat melelahkan memutarnya, Hand-Crank Charger sangat berguna ketika keadaan darurat. Kredit : Nendo

Teknologi.id – Studio desain Jepang Nendo baru-baru ini memamerkan prototipe Hand-Crank Charger baru, Denqul. Dengan desainnya yang stylish, Denqul tidak akan memalukan untuk disimpan di meja kerja.

Walaupun terlihat merepotkan dan melelahkan, Hand-Crank Charger lumayan berguna jika membutuhkan sumber baterai cadangan saat bepergian, terutama jika perlu melakukan panggilan darurat. Bila berada di suatu tempat tanpa sumber listrik, ini bisa jadi alat yang berguna untuk menambah daya smartphone.

Hand-crank chargers mudah digunakan dan relatif cepat. Untuk menyalakan charger Denqul yang ramping dan minimalis, sebuah pegangan berbentuk siku melebar keluar dari tabung baterai. Pengguna kemudian mengayunkan pengisi daya dengan gerakan melingkar. Saat berputar, pada dasarnya, gulungan kawat berubah menjadi magnet di dalam perangkat.

Dalam dasar-dasar hukum Faraday, gerakan kawat menyebabkan perubahan fluks magnetik, yang menciptakan medan magnet, yang kemudian mengisi daya baterai litium.

Untuk penyimpanan, Denqul dilengkapi dengan stasiun pengisian sendiri dan dua cangkir, sehingga menyatu menjadi tampilan yang tampak futuristik.

Desain Denqul tampak elegan dan futuristik. Kredit : Nendo

Sampai sekarang, chargar Denqul masih dalam bentuk prototipe. Belum jelas apakah akan tersedia untuk dibeli dalam waktu dekat, di Jepang atau AS, atau berapa harganya.

Namun Denqul membuktikan, bahwa tidak ada lagi alasan sebuah Hand-Crank Charger dengan tampilan yang buruk.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *