Jendela Buatan Ini Mampu Pancarkan Sinar Layaknya Matahari Asli

abdurrahmansaleh . May 20, 2020

jendela

Foto: Samsung / SunnyFive


Teknologi.id - Sebuah startup bernama SunnyFive yang didanai oleh Samsung berhasil mengembangkan jendela artificial yang mampu menghasilkan sinar matahari buatan.

Proyek tersebut merupakan bagian dari C-Labs Samsung, yang merupakan program inkubasi internal perusahaan. C-Labs Samsung menggarap berbagai produk dan layanan yang tidak dibuat oleh Samsung.

Baca JugaMengintip Konsep Desain 'Apple Glasses', Teknologi AR Terbaru dari Apple

Menariknya, sinar yang dihasilkan jendela tersebut diklaim bisa memberi manfaat kesehatan seperti sinar matahari sungguhan.

Dilansir dari The Verge, jendela SunnyFive memiliki fungsi yang sama dengan cahaya matahari asli yang memberikan manfaat kesehatan bagi penderita gangguan afektif musiman.

Selain itu, Samsung mengatakan sinar dari jendela tersebut mampu mengikuti matahari saat terbit, tengah hari, dan saat matahari terbenam.


Dilansir dari Ubergizmo, Rabu (20/5/2020) inovasi ini membantu pengguna mensintesis vitamin D ketika penggunanya sedang berada di dalam ruangan atau di tempat lain dengan pencahayaan rendah.

Untuk mengatur cahaya, diperlukan aplikasi lain yang memungkinkan pengguna untuk mengatur suhu dan kecerahan warna.

Baca JugaSamsung dan SK Telecom Hadirkan Smartphone Quantum 5G


Samsung mengkonfirmasi, perangkat pencahayaan berbentuk jendela memang bisa menghasilkan sinar matahari buatan, sehingga pengguna dapat menikmati spektrum cahaya yang dihasilkan oleh jalur alami matahari melewati langit pada siang hari. 

Terkait dengan ketersediaan nya, sejauh ini belum ada informasi kapan jendela SunnyFive akan diproduksi secara global.

Termasuk juga harga, pihak Samsung belum memberikan bocoran.

(Rmn)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar