Samsung dan SK Telecom Hadirkan Smartphone Quantum 5G

abdurrahmansaleh . May 15, 2020

samsung quantum

Foto: Phone Arena


Teknologi.id - Komputer Quantum saat ini masih menjadi perangkat langka di pasaran dan dijual dengan harga yang mahal. Komputer ini menggunakan fenomena fisika yang memungkinkan partikel untuk hadir dalam berbagai kondisi di saat yang sama. 

Komputer Quantum menghasilkan angka acak dan berkemampuan untuk menghasilkan kunci keamanan yang sulit dipecahkan.

Terbaru, dilaporkan bahwa raksasa teknologi asal Korea Selatan Samsung dan perusahaan telekomunikasi SK Telecom tengah mengembangkan penghasil angka acak quantum dan membekalinya di smartphone yang dinamakan Samsung Galaxy A Quantum.

Baca juga: Viral Peringatan Akun WhatsApp Terdaftar di Ponsel Lain, Jangan Klik "OK"!

Samsung Galaxy A Quantum sebenarnya adalah Galaxy A71 5G, hanya saja menggunakan chipset penghasil angka acak (QRNG) berbasis teknologi quantum sehingga disebut ponsel Quantum.

“Chipset generator angka acak kuantum membantu pengguna smartphone menggunakan layanan tertentu dengan menghasilkan angka acak murni yang tidak dapat diprediksi dan tanpa pola,” ujar SK Telecom, dikutip dari Phone Arena, Jumat (15/5/2020).

Lebih rinci, chipset kuantum ini berukuran 2,5×2,5mm dan menggunakan sumber cahaya LED untuk menghasilkan foton, yang akan dideteksi oleh sensor CMOS.

Jumlah photons yang terdeteksi di area sensor tertentu dalam durasi waktu tertentu ini tidak dapat diprediksi, memungkinkan penggunaan hukum fisika tersebut. Dengan demikian, hal ini memungkinkannya menjadi penghasil nomor acak.

Ponsel ini mendukung beberapa layanan yang memanfaatkan keamanan kuantum, di antaranya identifikasi pengguna dan pembayaran seluler.

Harga dan ketersediaan

Saat ini, Galaxy A Quantum tersedia untuk pre-order di Korea mulai 15 hingga 21 Mei, dengan penjualan resmi dimulai pada 22 Mei.

Perangkat tersebut dibanderol dengan harga 649.000 won atau sekitar Rp7,9 juta. Terkait perilisan secara global, sejauh ini belum ada informasi.

(Rmn)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar