Inilah 16 Ponsel dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

Di zaman seperti sekarang orang tidak bisa jauh dari smartphone, mulai dari bangun tidur, melakukan aktivitas sampai tidur lagi kita tidak dapat lepas dari smartphone. Hingga kita tidak menyadari dampaknya.

Menurut penelitian Federasi Perlindungan Radiasi Jerman (Bundesamt für Strahlenschutz), Sebanyak 10 dari 16 smartphone dari produsen asal Cina terindikasi punya tingkat radiasi lebih tinggi dari merek ponsel lainnya.

Pemeriksaan dilakukan mulai ketika ponsel dioperasikan di telinga, misal saat menerima panggilan dan ketika beroperasi ponsel diletakkan di dekat tubuh. Itulah penelitian yang dilakukan federasi, mereka telah mengumpulkan semua ponsel komersil yang beredar di Jerman sejak 2002.

Jerman memiliki sertifikasi lingkungan yang dinamakan Der Blaue Engel, Sertifikasi ini hanya meloloskan ponsel yang memiliki tingkat radiasi kurang dari 0,6 watt perkilogram. Meskipun sampai saat ini tidak ada pedoman universal untuk tingkat emisi yang dianggap berbahaya.

Dalam laporannya dituliskan ponsel dengan tingkat radiasi tertinggi dimiliki oleh perusahaan Cina yaitu Xiaomi mi A1, OnePlus 5T dan Huawei Mate 9. Tak ketinggalan beberapa ponsel besutan Apple juga masuk dalam daftar ini. Selain itu beberapa merek ponsel terkenal masuk dalam daftar, seperti Samsung, iPhone, Xiaomi, Nokia, Motorola, LG, Sony, BlackBerry.

Kali ini, Teknologi.id akan memberikan daftar lengkap 16 merek ponsel dengan radiasi tertinggi berdasarkan dokumen federasi Jerman.

Sangat penting bagi pengguna smartphone untuk mulai memperhatikan besar radiasi yang diterima setiap harinya. Mulailah dengan mengurangi pemakaian smartphone dan cobalah dengan melakukan aktivitas lain sebagai gantinya. Selain itu perlu kamu ketahui pemakaian ponsel berlebih pada anak berisiko meningkatkan diabetes.

Para peneliti dari London University melakukan survey pada lebih dari 4.000 anak-anak usia 9-10 tahun dan hasilnya ditemukan bahwa anak laki-laki dan perempuan yang lebih dari tiga jam menatap layar ponsel dalam sehari memiliki ukuran lemak tubuh yang lebih tinggi dan tanda-tanda resistensi insulin.

Resistensi insulin adalah suatu keadaan saat sel tubuh tidak merespon hormon insulin dengan baik. Hormon insulin bertugas membantu tubuh dalam menyerap glukosa (gula), sehingga tubuh bisa membakar glukosa menjadi energi untuk dipakai atau disimpan sebagai lemak.

Kondisi itu yang dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Itulah sebabnya mengapa resistensi insulin adalah risiko terkena diabetes tipe 2. Obesitas dan ketidakaktifan, serta riwayat keluarga, juga dianggap sebagai faktor risiko utama.

Baca juga: Ponsel Pintar Mengambil Alih Pasar Permainan Global

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *