Harga Hampir Sama, Ini Dia Perbedaan PS5 dan Xbox Series X

Annisa Fadillah . November 06, 2020

Foto : Miro

Teknologi.id - Setelah sempat membandingkan spesifikasi antar PlayStation 4 (PS4) dengan PlayStation 5 (PS5), kali ini mari kita cari tahu perbandingan spesifikasi dan harga antar 2 generasi konsol terbaru, yaitu PlayStation 5 keluaran Sony dan Xbox Series X keluaran Microsoft. Dua konsol ini sama-sama memiliki spesifikasi canggih yang patut diperhitungkan.

PlayStation 5 mampu memainkan game 4K pada 120Hz atau output hingga 8K. Sementara, Xbox Series X dengan model andalannya mampu memainkan game 8K HDR, 2160p pada 120Hz, dan memiliki disk drive. Xbox Series S juga sudah mendukung 1440p hingga 120Hz dan merupakan konsol serba digital.

Baca Juga : Perbedaan Spesifikasi PS4 dan PS5, Pilih yang Mana ?

Desain

Desain PlayStation 5 memiliki kesan yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Menampilkan rancangan futuristik dengan balutan warna putih yang menyelimuti kulit luarnya, konsol Sony ini memiliki bentuk persegi panjang dan terdapat elemen hitam yang berada di tengah.

Sementara itu, Xbox Series X memiliki desain yang bisa dibilang masih konservatif. Konsol ini menyerupai menara PC vertikal, dengan sasis hitam ramping dan logo Xbox kecil di sudut kiri atas. Ada juga penggerak cakram di bagian depan konsol. Semuanya terlihat geometris dan dapat diposisikan secara horizontal.

Grafik

Dapat diketahui bahwa Xbox Series X memiliki spesifikasi yang sedikit lebih kuat dibandingkan PlayStation 5. Dari perangkat keras yang terlibat, mungkin tidak terlihat jika ada perbedaan yang mencolok untuk spek CPU. Meskipun begitu, Xbox Series X diklaim sedikit lebih cepat. Pada PlayStation 5, kekuatan pemrosesan GPU ada di 10,3 teraflop, sedangkan untuk Xbox Series X dapat mencapai 12 teraflop. Perbedaan spek GPU inilah yang dapat ter-notice dengan mudah.

Teraflop mengacu pada berapa banyak operasi per detik yang dapat ditangani oleh perangkat keras. Karena satu teraflop dapat menjelaskan 10^12 operasi per detik, adanya gap 1,7 saja dapat mewakili perbedaan yang signifikan dalam grafik. Namun, karena kedua konsol akan datang dengan teknologi SSD, seharusnya masing-masing bisa memuat game lebih cepat dari generasi sebelumnya. Teknologi SSD ini bisa memiliki pengaruh besar pada performa game.

Kompatibilitas Backwards

Sebelumnya, Microsoft telah berjanji bahwa setiap game Xbox One akan kompatibel dengan Xbox Series X. Hal ini akan memudahkan para gamers untuk memainkan game antar generasi konsol yang berbeda. Sementara, pendekatan yang diberlakukan Sony nampaknya sedikit kurang 'ramah'. PlayStation 5 memerlukan perangkat lunak universal untuk menjalankan game yang tersedia di PlayStation 4. Penggunaan perangkat lunak tambahan yang bersifat universal ini, memungkinkan setiap game tidak selalu berjalan dengan baik.

Baca Juga : Kekurangan dan Kelebihan iPhone 12 Mini Dibanding iPhone 12

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah rangkuman spesifikasi, harga, dan tanggal rilis PlayStation 5 dan Xbox Series X :


PlayStation 5 Xbox Series X
Harga $500 atau Rp 7,4 jutaan (Standar)
$400 atau Rp 6 jutaan (Digital)
$500 atau Rp 7,4 jutaan
Tanggal Rilis November 12, 2020 November 10, 2020
CPU 8-core 3.5 GHz AMD Zen 2 8-core, 3.8 GHz AMD Zen 2
GPU  10.3 teraflop AMD RDNA 2 12.0 teraflop AMD RDNA 2
RAM 16 GB GDDR6 16 GB GDDR6
Kapasitas Penyimpanan 825 GB custom SSD 1 TB custom NVMe SSD
Resolusi, Frame Rate Up to 8K, Up to 120 fps Up to 8K, Up to 120 fps
Optical Disc Drive UHD Blu-Ray UHD Blu-Ray


(af)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler