Perbedaan Spesifikasi PS4 dan PS5, Pilih yang Mana ?

Annisa Fadillah . November 04, 2020

Foto : Pocket-lint

Teknologi.id - Di penghujung tahun 2020, para pecinta game konsol akan kedatangan kabar bahagia. Pasalnya, di bulan November ini Sony akan segera meluncurkan generasi konsol terbarunya, yaitu PlayStation 5. Perusahaan mengklaim bahwa PlayStation 5 ini merupakan update dari generasi sebelumnya, yakni PlayStation 4. Nah, sambil menunggu peluncuran PlayStation 5 yang semakin dekat, yuk kita lihat perbedaan antara PlayStation 5 (PS5) dan PlayStation 4 (PS4).

Baca Juga : Dapat Restu Kominfo, PlayStation 5 Segera Hadir di Indonesia

Desain

Dari segi desain, baik PS4 dan PS4 Pro memiliki rancangan yang serupa, yaitu berbentuk seperti sandwich. Hanya saja, varian Pro lebih gemuk, tetapi masing-masing memiliki jejak yang sama di kabinet AV. Sedangkan, PS5 memiliki desain yang lebih futuristik dengan elemen putih yang mendominasi. PS5 ini juga tampak elegant jika diposisikan berdiri.

Seperti layaknya PS4 yang memiliki 2 varian, yaitu PS4 dan PS4 Pro, PS5 juga akan hadir dengan 2 varian yaitu PS5 versi standar dan PS5 versi digital. PS 5 versi digital sedikit lebih kecil dan lebih ringan, karena tidak termasuk drive disk. Dari segi tampilan, akan terlihat bahwa kedua varian PS5 memiliki bodi yang hampir sama, tetapi ada perbedaan ketinggian yang bisa diperhatikan.

Kapasitas Memori dan Penyimpanan

Telah diketahui sebelumnya, jika PS5 merupakan peningkatan dari versi PS4. Kapasitas RAM dapat menjadi petunjuk untuk mengetahui perbedaan dalam hal kecepatan dan jumlah proses yang dapat ditangani. Selain itu, kemampuan penyimpanan pun bisa menjadi bahan perbandingan yang signifikan untuk kedua generasi konsol ini.

Generasi PS4 dan PS4 Pro masing-masing menyertakan 8GB RAM DDR5, sedangkan PS5 dikabarkan akan meningkatkan RAM-nya menjadi 16GB GDDR6. Dari segi kemampuan penyimpanan, PS4 menggabungkan penyimpanan HDD 500GB, sementara versi yang Pro dapat ditingkatkan hingga 1TB. 

Versi ini nampaknya tidak jauh berbeda dengan apa yang akan ditanamkan di PS5. Generasi terbaru ini dikabarkan bakal datang dengan kapasitas penyimpanan yang sama, yaitu hingga 1TB. Namun, kelebihan dari PS5 ini adalah perangkat tersebut akan hadir dengan teknologi SSD. Teknologi tersebut bisa mempercepat waktu baca dan tulis, sehingga nantinya game dapat dimuat hanya dalam hitungan detik, baik saat dimulai maupun saat bermain.

Processing dan Grafis

Baik PS4 dan PS4 Pro menggunakan chipset octa-core x86-64 AMD Jaguar yang kurang lebih sama. Sementara itu, PS5 mengadopsi prosesor yang jauh lebih canggih dan dibuat dengan desain yang mirip dengan octa-core Zen 2 AMD. Prosesor ini berjalan pada 3,5GHz per core sebagai permulaan, yang membuatnya jauh lebih cepat.

Untuk grafik, semuanya ditanami chip Radeon. Sementara di sisi GPU-nya, masing-masing jika berjalan dalam 36 unit komputasi adalah :

  • 1,84 TFLOPS = PS4
  • 4,20 TFLOPS = PS4 Pro
  • 10,3 TFLOPS = PS5

Pada dasarnya, PS4 memiliki kemampuan untuk menampilkan grafis 1080p dan untuk yang versi Pro pada 4K, 30fps. Sementara itu, PS5 mampu memainkan game 4K, 60fps penuh, bahkan 120fps di suatu kesempatan. Dirumorkan juga bahwa PS5 mampu memenuhi resolusi 8K.

Foto : Digital Trends

Kontroler

Setelah bertahun-tahun menggunakan kontroler DualShock di generasi konsol sebelumnya, pihak perusahaan akhirnya memberikan inovasi kontroler DualSense di generasi PS5. Satu fitur baru yang ditambahkan ke pengontrol DualSense adalah Haptic Feedback yang mendalam. DualSense ini akan memberikan feedback yang nyata kepada pemain untuk merasakan sensasi bermain yang lebih memuaskan.

Foto : FerGames

Baca Juga : DualSense PS5 Bisa Digunakan untuk Android dan PC

Harga

Nama Konsol  Harga (USD)  Harga (Rp)
PS4 $299.99 Rp 4,3 jutaan
PS4 Pro  $399.99 Rp 5,9 jutaan
PS5 versi Digital $399.99 Rp 5,9 jutaan
PS5 versi Standar $499.99 Rp 7,4 jutaan


Dengan spesifikasi yang ditingkatkan secara besar-besaran dan implementasi teknologi SSD, masuk akal jika PS5 dihargai lebih mahal daripada PS4. Jadi, bagaimana apakah Anda berminat untuk membawa pulang PS5 setelah resmi dipasarkan ?

(af)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler