Gampang, Begini Cara Mute Mikrofon DualSense PS5

Annisa Fadillah . November 15, 2020

Foto : Cnet

Teknologi.id - Memiliki mikrofon yang terpasang di sebuah controller dapat membantu banyak pemain yang tidak memiliki atau tidak ingin mencolokkan headset. Fitur ini juga dianggap praktis karena sudah tersedia di dalam perangkat. Namun, bagi sebagian pemain hal ini justru malah dianggap mengganggu, karena mereka merasa tidak nyaman jika obrolan saat bermain game direkam.

Controller DualSense PlayStation 5 (PS5) yang baru saja meluncur bersamaan dengan konsolnya, memiliki banyak fitur kecil untuk meningkatkan pengalaman bermain, salah satunya adalah mikrofon internal yang selalu diaktifkan secara default. Fitur ini secara otomatis akan merekam suara para gamers yang sedang bermain. Nah, bagaimana sih cara menonaktifkan fitur ini ?

Baca Juga : Seru! The Last of Us 2 Dukung Haptic Feedback DualSense PS5

1. Cara Paling Mudah

Salah satu cara termudah untuk menonaktifkan mikrofon dapat ditemukan dengan menekan tombol horizontal di bawah tombol logo PlayStation pada controller DualSense. Di bawah tombol horizontal ini terdapat stiker kecil yang menampilkan simbol mikrofon yang diredam. Cukup tekan tombol kecil ini dan pemain telah berhasil membisukan atau mute mikrofon yang ada di dalam controller. Perlu diingat bahwa fitur mute mikrofon ini tidak otomatis, sehingga pemain perlu untuk mengatur ulang setiap kali controller sehabis dimatikan dan ingin digunakan kembali.

Foto : PushSquare

2. Mute Selamanya

Untuk menjaga agar mikrofon tidak bersuara secara default, pemain harus masuk ke menu konsol mereka. Dengan menuju ke pengaturan sistem PlayStation 5 (PS5), lalu ke menu "Sound". Pengguna yang ingin membisukan mikrofon secara default perlu mencari menu "Microphone Status When Logging In," dan arahkan ke pengaturan nonaktif atau mute. Dengan cara kedua ini, pemain bisa menonaktifkan fitur perekam suara secara otomatis dan tidak perlu menekan tombol mute berulang-ulang. 

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Baca Juga : DualSense PS5 Bisa Digunakan untuk Android dan PC

Opsi mute ini dibuat untuk membantu para gamers yang ingin merasa aman dan menjaga privasi mereka. Fitur tersebut juga cocok untuk pemain yang tidak ingin didengar oleh pemain lain dalam game. Adanya dua cara menonaktifkan mikrofon pada controller DualSense ini bisa menjadi pilihan pemain dan menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing.

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler