PHK Karyawan Jadi Strategi Bukalapak Menuju Unicorn Pertama yang Cetak Untung

phk pegawai
Foto: TechCrunch

Teknologi.id – Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap ratusan karyawan Bukalapak baru-baru ini rupanya dilakukan sebagai salah satu strategi perusahaan agar menjadi unicorn pertama yang mencetak keuntungan.

Chief of Strategy Officer of Bukalapak Teddy Oetomo mengakui, pihaknya perlu melakukan sejumlah penyelesaran internal berupa PHK karyawan. Penyelarasan dibutuhkan untuk menerapkan strategi bisnis jangka panjang, melakukan penataan yang diperlukan, serta menentukan arah selanjutnya.

Baca juga: Bukalapak PHK Ratusan Karyawan, Apa Alasannya?

Meski pertumbuhan Gross Merchandise Value (GMV) adalah indikator yang penting bagi e-commerce, pihaknya ingin membangun bisnis ke tahap lebih jauh. Perusahaan ingin menjadi sustainability e-commerce  atau e-commerce yang menghasilkan keuntungan.

“Kami ingin menjadi e-commerce unicorn pertama yang meraih keuntungan. Dan dengan pencapaian performa bisnis yang baik dan modal yang cukup, kami menargetkan untuk dapat mencapai breakeven bahkan keuntungan dalam waktu dekat,” ujar Teddy dalam situs perusahaan, Selasa (10/9).

Ia menjelaskan perusahaan pada pertengahan tahun ini berhasil membukukan laba kotor naik 3 kali lipat dibandingkan pertengahan 2018. E-commerce ini juga berhasil mengurangi setengah kerugian dari pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) selama 8 bulan terakhir ini.

Baca juga: Kesampingkan Decacorn, Ini Dua Tujuan Utama Bukalapak

“Bukalapak telah menghasilkan kenaikan dalam monetisasi, memperkuat profitabilitas yang saat ini berjalan dengan baik dan bahkan melampaui ekspektasi kami,” ungkap dia.

Teddy pun memastikan pihaknya akan lebih fokus dalam meningkatkan layanan. Sehingga penyelarasan ini akan berdampak positif bagi para pengguna dan partner bisnis mereka.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending