Kesampingkan Decacorn, Ini Dua Tujuan Utama Bukalapak

Kesampingkan Decacorn, Ini Dua Tujuan Utama Bukalapak. Kredit: Kompas

Teknologi.id – Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia, dan Traveloka adalah empat startup Indonesia yang telah berpredikat startup unicorn, yaitu startup yang memiliki valuasi sebesar USD 1 miliar (Rp 14 triliun).

Setelah unicorn, pencapaian berikutnya adalah decacorn. Decacorn adalah startup dengan valuasi sebesar USD 10 miliar (Rp 140 triliun). Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara memperkirakan bahwa tahun ini Indonesia akan memiliki dua decacorn.

Disinggung tentang kesiapan Bukalapak untuk menjadi startup decacorn, Founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid, menyatakan saat ini hal tersebut tidaklah menjadi fokus mereka.

“Kita pengennya Bukalapak terus berkembang. Tapi menurut saya yang namanya decacorn unicorn itu adalah bukan sesuatu yang kita cari sebagai tujuan utama,” ujar Fajrin seusai konferensi pers HUT Ke-9 Bukalapak, di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).

Baca juga: 9 Tahun Bukalapak: Investasi Rp 1 T Gandeng Warung Sebagai Mitra

“Tujuan utama Bukalapak terdekat adalah bagaimana Bukalapak bisa terus berkembang dan bisa memajukan UKM di Indonesia,” sambungnya seperti dikutip dari DetikInet.

Fajrin menjelaskan, saat ini secara internal Bukalapak lebih memiliki target spesifik seperti jumlah transaksi dan jumlah pelapak. Menurutnya, pada akhirnya nanti valuasi akan muncul sebagai hasil dari meningkatnya target-target tersebut.

Selain itu, ia mengatakan bahwa ada banyak faktor eksternal yang mempengaruhi valuasi, sehingga prioritas Bukalapak adalah dengan fokus pada faktor internal.

“Karena kalau kita ngomong valuasi itu kan dipengaruhi juga oleh kondisi ekonomi dan lain sebagainya. Jadi kita nggak mau bergantung terlalu banyak dengan kondisi eksternal,” pungkasnya.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *