5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kamu Menjadi Programmer Handal

Teknologi.id . August 27, 2018
Menjadi seorang programmer bukan hal mudah. Teknologi yang terus berkembang pesat, membuat programmer dituntut untuk selalu belajar dengan hal baru. Teknologi yang optimal hari ini mungkin sudah ketinggalan zaman sebulan kemudian dan tingginya persaingan membuat developer harus berlomba-lomba menciptakan produk yang lebih canggih, cepat dan aman setiap harinya. Seorang programmer yang memiliki banyak pengalaman, ia akan merasa bahwa ilmunya sudah cukup. Tetapi ketika berhadapan dengan masalah baru, ia menjadi sulit beradaptasi. Belum tentu solusi yang selama ini ia gunakan optimal juga di kasus lain. Bukan karena programmer tersebut tidak jago dibidangnya malah bisa jadi ia yang paling ahli di masa depan. Ketika seseorang berhenti belajar ia akan terjebak pada pandangan sempit dan tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. Alasannya bisa bermacam-macam. Mungkin tidak punya waktu karena sibuk, mungkin merasa sudah menguasai segala framework dan library populer di pasaran. Tapi apa pun alasannya, yang jelas ia tidak berkembang. Berikut 5 kebiasaan yang bisa membuat kamu menjadi programmer handal!

1. Rajin membaca berita

Agar kita menjadi yang terdepan di dunia teknologi, salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan adalah dengan terus mengikuti perkembangan teknologi terkini. Biasakan untuk meluangkan waktu membaca berita seputar dunia pemrograman yang akan kamu geluti. Dengan begitu mungkin kamu akan menemukan tutorial atau info menarik untuk di dalami. Tidak perlu terlalu lama, kamu cukup meluangkan waktu satu hingga dua jam untuk membaca-baca sampai selesai yang penting kamu tidak ketinggalan berita.

2. Mengerjakan proyek sampingan

Mengembangkan sebuah proyek bisa dijadikan sampingan dan kebiasaan yang mendatangkan banyak keuntungan. Dibandingkan pekerjaan utamamu, proyek sampingan menawarkan kebebasan yang jauh lebih besar. Kamu tidak terikat deadline, tidak terbatas pada framework tertentu dan tidak perlu memikirkan instruksi atasan. Tidak peduli apakah proyek sampinganmu sangat sederhana atau sangat kompleks, kamu tetap bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan diri. Kamu bisa menggunakan library yang familier agar keahlianmu meningkat, atau mencoba library yang sama sekali baru untuk memperluas wawasan. Semuanya terserah kamu. Meski hanya proyek sampingan yang santai, ingatlah untuk tetap merilis produk jadinya. Dengan merilisnya, kamu sekaligus juga berlatih membiasakan diri dengan siklus pengembangan produk secara lengkap.

3. Belajar dari proyek open source

Dunia open source patuh semakin berkembang Di dunia ini, hanya produk-produk terbaiklah yang akan populer dan banyak digunakan orang. Tidak hanya baik secara fungsi, tapi juga mudah digunakan oleh developer lain. Produk-produk open source yang populer ini menyediakan kesempatan belajar. Kamu bisa meneliti cara kerjanya secara langsung berkat ketersediaan source code dan bisa meniru teknik yang digunakan dalam source code buatanmu sendiri.

4. Menulis kode sambil memikirkan orang lain

Sebagai programmer, terkadang kita tidak peduli apakah kode buatan kita enak dibaca atau tidak. Asalkan kodenya jalan kerapian urusan belakangan. Martin Fowler seorang developer software veteran dari Inggris yang telah menulis beragam buku tentang pemrograman, pernah berkata, “Siapa pun bisa menulis kode yang dimengerti oleh komputer. Tapi programmer yang baik bisa menulis kode yang dimengerti oleh manusia.” Rancanlah sebuah pengkodean dengan baik dan mudah digunakan oleh orang lain. Dengan pola pikir seperti itu akan membantu kamu menjadi programmer yang lebih baik.

5. Merancang solusi ideal sebelum menulis kode

Sebelum mulai menulis kode, biasakanlah untuk merancang lebih dahulu bagaimana solusi ideal yang mungkin diimplementasikan. Hal itu perlu karena ketika akan memulai sebuah projek kamu mempunyai patokan untuk dituju. Semakin banyak pengalaman, Seorang developer biasanya merasa jika ilmu yang dimilikinya sudah cukup seolah-olah di dunia ini tidak ada hal baru lagi untuk dipelajari. Tapi pada kenyataannya teknologi terus berkembang, mungkin lebih pesat dari yang kita sadari. Penting bagi seorang developer untuk bereksperimen, menantang diri sendiri dan membiasakan diri untuk terus belajar. Dengan demikian barulah kita bisa menjadi developer yang efektif dan tidak ketinggalan zaman. Baca juga: 7 Tipe Programmer yang Harus Kamu Ketahui, Apa Kamu Salah Satunya?
author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar