NASA Ciptakan Kalung Pintar Guna Kurangi Resiko Penularan Covid-19

Alda Yuriska . June 30, 2020

Foto: Techeblog

Teknologi.id - Berbagai inovasi saat ini tengah gencar diciptakan dari berbagai sektor guna memerangi pandemi virus corona yang hingga saat ini masih sangat sulit untuk dikendalikan. Baru-baru ini bahkan Badan Penerbangan dan Antariksa asal Amerika serikat atau yang lebih dikenal dengan NASA juga turut menciptakan inovasi baru guna memerangi virus ini.

NASA terpantau sedang membuat sebuah kalung yang dapat memperingatkan kita untuk tetap menjauhkan tangan kita yang kotor dari wajah guna melindungi diri dari paparan virus karena seperti kita ketahui virus dapat menempel di tangan kita dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui sentuhan di wajah seperti mata, hidung, dan mulut.

Baca Juga: Donald Trump Surati Bos Medsos Untuk Hapus Postingan Terkait Demo

"Tujuan Pulse adalah untuk meminimalkan penyebaran virus COVID-19, yang dapat ditularkan jika seseorang menyentuh permukaan yang terinfeksi dengan tangan mereka dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut mereka," kata NASA, seperti dikutip dari laman Engadget (30/06/2020).

Kalung pintar yang diberi nama Pulse ini diciptakan oleh tiga insinyur di Jet Propulsion Lab. Pulse dapat dicetak menggunakan printer 3D dan memiliki sensor kedekatan dengan rentang 12 inci (30 centimeter) dan motor getaran koin yang aktif saat Anda menggerakkan tangan ke arah kepala. Nantinya, semakin dekat jari-jari Anda, maka akan semakin kuat getaran yang dirasakan. 

Baca Juga: 10 Film dan Sinetron Online yang Jadi Sasaran Penjahat Siber

Untuk memiliki kalung besutan NASA ini Anda dapat mengunduh daftar bagian yang Anda butuhkan, desain CAD untuk 3D print untuk kasing, dan arahan tentang cara membuah kalung ini secara gratis. Tak hanya itu, NASA juga akan memberikan saran terhadap modul getaran mana yang paling cocok untuk digunakan untuk kalung tersebut.

Meski diketahui mencipatakan kalung pintar ini, namun NASA tetap berasumsi bahwa Pulse tidak dirancang untuk menggantikan masker atau respirator. Menurutnya, Pulse akan terbukti bekerja dengan baik jika masyarakat juga tetap menjalankan protokol yang disiapkan sebelumnya untuk mencegah virus corona seperti menjaga jarak dari orang lain dan rajin mencuci tangan.

(ay)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya