Chip Microsoft Pluton, Keamanan untuk Komputer Masa Depan

Annisa Fadillah . November 18, 2020

Foto : Gizmochina

Teknologi.id - Perusahaan raksasa teknologi, Microsoft, hari ini (18/11) mengumumkan chip keamanan terbaru mereka yang telah dibuat oleh perusahaan untuk melindungi komputer masa depan yang didukung Windows. Chip itu disebut sebagai Microsoft Pluton yang akan langsung dibangun ke dalam CPU masa depan. Dengan demikian, chip Microsoft Pluton akan menggantikan chip Trusted Platform Module (TPM) yang saat ini telah digunakan untuk mengamankan perangkat keras dan kunci cryptocurrency.

Hal ini juga akan mengintegrasikan chip di dalam unit prosesor Intel, AMD, dan Qualcomm pada masa depan. Perusahaan mengatakan bahwa tingkat kerumitan chip terbaru ini akan membuat peretas semakin sulit untuk mengakses ke dalam sistem dan meluncurkan serangan perangkat keras (hardware) dan mengekstrak data-data yang sensitif.

Baca Juga : Data Vaksin COVID-19 Jadi Incaran Hacker Rusia & Korea Utara

Microsoft Pluton pertama kali diuji cobakan pada Xbox One tahun 2013. Xbox One yang hadir dengan chip ini mempersulit para gamers untuk meretas konsol atau menjalankan game bajakan. Setelah berhasil, chip ini kemudian tersedia untuk layanan cloud perusahaan Azure Sphere untuk perangkat IoT berbiaya rendah.

Sekarang, raksasa teknologi itu membawa teknologi yang sama, dengan beberapa perbaikan dan update, ke perangkat komputasi yang didukung Windows 10. Tidak seperti TPM yang sudah ada dan terpisah dari CPU, chip Pluton baru ini tampak hadir seperti sebuah evolusi, yang dapat tersedia di dalam CPU.

David Weston selaku Director of Enterprise and OS security di Microsoft, mengatakan bahwa chip baru ini bisa diartikan versi TPM yang lebih baik, lebih kuat, lebih cepat, dan lebih konsisten. Jadi, fitur seperti enkripsi BitLocker atau otentikasi Windows Hello akan dialihkan ke penggunaan Pluton di masa mendatang.

Saat ini, tidak diketahui kapan komputer dengan chip Microsoft Pluton baru ini akan mulai dikirim, tetapi seperti yang dikatakan, merek seperti Intel, AMD, dan Qualcomm telah setuju untuk mengintegrasikan chip ini ke dalam CPU masa depan mereka. Selain itu, Pluton juga dikabarkan akan tersedia untuk pembuatan PC khusus dan dukungan untuk Linux di masa mendatang.

Baca Juga : Program Manager Xbox Hengkang Setelah Xbox Series X Dirilis

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler